Waketum Hanura Versi Daryatmo Tuding Oso Tarik Mahar Ratusan Juta Dari Calon Anggota DPRD

Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: dok sayangi.com)

Jakarta, Sayangi.com – Wakil Ketua Umum Hanura versi Daryatmo, Sudewo menuding Oesman Sapta kerap meminta sejumlah uang kepada calon anggota DPRD yang hendak maju melalui Partai Hanura. Untuk satu calon anggota DPRD Kota-Kabupaten, Oso menarget uang hingga ratusan juta rupiah.

“Memang gila apa yang dilakukan Pak Oesman Sapta itu. Dia menarik mahar dari calon anggota DPRD Kabupaten Kota itu, perkursi dipatok Rp350 juta, itu minimal,” ujar Sudewo di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (22/1).

Sudewo menjelaskan, apa yang dilakukan Oso itu berakibat tidak baik bagi Hanura. Seperti contohnya, terjadi rekomendasi ganda calon anggota DPRD di beberapa daerah.

“Dengan angka (dana) sekian Partai Hanura tidak mencalonkan, tidak mengeluarkan rekomendasi. Jadi murni yang dijadikan pertimbangan oleh Ketua Umum saat itu tidak elektabilitas, tidak popularitas, tidak ada pokoknya yang penting angka,” katanya.

Menurut Sudewo, pihaknya telah mengantongi beberapa bukti terkait hal tersebut. Untuk saksi, ia juga mengaku telah menyiapkan beberapa saksi terkait statemennya itu.

“Ada yang pengakuan ada kader yang bukti riil seperti Pak Yan Mandenas dari Papua Barat itu juga banyak. Banyak saksi, kami siap semuanya dengan saksi itu,” katanya.

Soal uang mahar itu, kata Sudewo, masuk ke rekening pribadi Oso lalu masuk ke Oso Securities. Menurutnya, tidak ada uang yang masuk ke kader atau pengurus Partai Hanura lainnya.

“Tidak ada (uang) yang masuk kepada rekening pribadi kader atau pengurus Partai Hanura, masuk sepenuhnya kepada Oso sekuritas societas. Itukan rekening pribadi Pak Oesman Sapta dan beberapa orang yang ditunjuk di situ, logikanya masuk ke rekening pribadi baru ke Oso Securities secara institusi,” pungkasnya.