Kapolri: Masyarakat Sudah Dewasa Dalam Berdemokrasi, Insya Allah Pilkada Aman

Kapolri Tito Karnavian

Jakarta, Sayangi.com – Tahun 2018 Indonesia akan menyelenggarakan beberapa perhelatan besar. Diantaranya adalah Pilkada serentak dan dilanjut dengan Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Sumatera Selatan.

Kapolri Jenderal Pol Muhammad Tito Karnavian mengatakan, potensi kerawanan pada Pilkada 2018 tidak terlalu tinggi. Pasalnya, seiring dengan berpengalamannya Polri dan TNI mengamankan Pilkada, sehingga potensi-potensi kerawanan dapat dideteksi sejak dini.

Selain itu, kata Kapolri, bila dipetakan, pada Pilkada tahun 2018 ini banyak partai pendukung oposisi dan pemerintah mengusung calon yang sama. Sehingga potensi adanya konflik antar poros dapat diminimalisir.

“Sehingga nanti potensi emosional yang muncul (lebih ke) emosional perorangan, dibanding dengan emosional poros partai. Ini beda dengan kasus yang terjadi di Jakarta,” ujar Tito di PTIK, Jakarta, Rabu (24/1).

Mantan Kepala BNPT ini juga yakin, masyarakat Indonesia telah dewasa dalam berdemokrasi. Hal ini menurutnya turut membantu menurunnya potensi konflik pada Pilkada tahun ini.

“Kita yakin masyarakat juga kesadarannya sudah makin tinggi untuk berdemokrasi,” tegasnya.

Salah satu hal yang membuat Tito yakin Pilkada akan berjalan aman, adalah semakin solidnya kekompakan yang terjalin antara Polri dan TNI. Apalagi, Polri dan TNI sudah menegaskan akan bersikap netral dalam pengamanan Pilkada.

“Ini poin terpenting, Polri dan TNI kompak, selagi TNI Polri kompak sampai kejadian terbawah Insya Allah akan aman.Polri dan TNI akan berada di posisi netral,” tuturnya.

Mantan Kapolda Metro Jaya inj juga mengaku telah menginstruksikan jajarannya untuk menjaga netralitas saat Pilkada. Karena menurutnya, jika Polri sudah putuskan untuk bersikap netral, maka pihak yang akan berbuat macam-macam saat Pilkada akan berpikir ulang.

“Kalau misalnya Polrinya sudah netral, ada yang macam-macam ya kita tindak. Saya kira itu saja, mohon doa restu Insya Allah Pilkada aman,” kata Kapolri.