Film Muslim Lindungi Kaum Kristen dari Teroris Masuk Nominasi Oscar

Salah satu cuplikan filem Watu Wote.Foto Brooklyn Film Festival
Salah satu cuplikan filem Watu Wote.Foto Brooklyn Film Festival

Nairobi,Kenya,Sayangi.com- Film yang sangat terkenal ini didasarkan pada kisah nyata serangan teroris tahun 2015 di sebuah bus di Kenya utara. Filem ini menceritakan kisah kaum Muslim yang melindungi orang-orang Kristen dari militan yang berencana untuk membunuh mereka.

Film Kenya “Watu Wote” (“Semua Kami”) telah dinominasikan untuk Academy Award dalam kategori Best Short Film. Filem ini disutradarai oleh mahasiswa perfileman Jerman Katja Benrath. Filem ini diproduksi oleh Bramwell Iro dan Matrid Nyagah dari Lightbox Africa dan Tobias Rosen dari Hamburg Media School. Pengumuman filem ini masuk nominasi Oscar diumumkan sesaat sebelum film tersebut ditayangkan perdana di Nairobi.

Dikutip dari DW.de (30/1) salah satu produser film Watu Wote” (“Semua Kami”) Bramwell Iro, mengatakan kepada DW tentang kejadian nyata yang menginspirasi film tersebut. “Cerita ini adalah cerita tentang kemanusiaan,┬ádan tentang cinta kasih satu sama lain. Filem ini digarap berdasarkan kejadian yang sebenarnya.

Film Watu Wote.Foto Plive.co.ke
Film Watu Wote.Foto Plive.co.ke

Pada bulan Desember 2015 ada sebuah serangan bus menuju Mandera. Dan di bus ini, militan al-Shabab masuk dan meminta orang-orang Kristen untuk memisahkan diri dari orang-orang Muslim, sehingga mereka bisa membunuh orang-orang Kristen. Dan membiarkan orang-orang Muslim pergi.Tapi apa yang terjadi orang-orang Muslim di dalam bus hanya mengatakan ‘tidak, kita tidak akan memisahkan diri kita dari saudara dan saudari kita. ‘”

Dua orang tewas dalam serangan tersebut. Namun tindakan keberanian yang luar biasa penumpang muslim mengakibatkan milisi menyerah dan membiarkan bus tersebut melanjutkan perjalanannya.