Australia Berhasil Pelopori Ciduk Pelaku Pencucian Uang Terbesar di Dunia

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Melbourne,Sayangi.com- Altaf Khanani pernah masuk dalam daftar orang paling dicari oleh kepolisian internasional selama beberapa dekade. Dia adalah salah satu pelaku pencucian uang senilai jutaan dolar paling dicari di dunia. Ia merupakan pembayar pajak Australia yang membantu menemukan jejaringnya.

Pihak berwenang Australia telah berhasil menangkap Altaf Khanani, seorang penjahat yang mencuci uang lebih dari $ 1 miliar di seluruh dunia. Khanani yang berdarahPakistan, menjalankan operasinya dari Dubai. Ia melakukan pencucian uang senilai ratusan juta dolar bagi para penjahat di Australia.

Pendekatan ini merupakan permainan berisiko tinggi yang diposisikan oleh Australia. Pemerintah Australia menyerahkan lebih dari $ 1 juta dolar kepada Khanani, dengan harapan bisa menangkapnya melakukan pencucian dana tersebut.

Ini terbayar karena operasi global Australia yang memburu beberapa kelompok kejahatan terorganisir terbesar di dunia terbongkar dan Khanani berhasil dijebloskan kepenjara. Operasi untuk menjerat Khanani menjadi subyek episode Australian Story yang disiarkan di ABC pada Senin malam (5/2/2018)

Ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah Australia dalam memburu  gembong kartel pencucian uang. Jaringan Khanani ke kelompok kriminal di Australia diantaranya membantu melakukan pencucian uang senilai jutaan dolar bagi geng motor, kartel narkoba dan bahkan kelompok teroris.

Selain di Australia,Jaringan Khanani juga beroperasi di Italia, Vietnam dan Meksiko di Melbourne dan Sydney. Setelah operasi penyamaran yang berlangsung 10 bulan, Khanani akhirnya ditangkap di Panama. Ia kemudian diekstradisi ke AS. Kini ia meringkuk dipenjara di Negeri Paman Sam.

sumber:dailymail.co.uk