OSO Berencana Mundur Dari Wakil Ketua MPR, Penggantinya Kewenangan DPD

Oesman Sapta Odang (OSO). (Foto: dok sayangi.com)

Jakarta, Sayangi.Com– Oesman Sapta Odang (OSO) kemarin melontarkan pernyataan akan melepaskan jabatannya sebagai Wakil Ketua MPR RI, karena ingin fokus sebagai Ketua DPD RI.

Menanggapi rencana OSO tersebut, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa calon pengganti OSO sebagai Wakil Ketua MPR merupakan kewenangan DPD, karena MPR terdiri dari unsur DPR dan DPD, sedangkan OSO menduduki jabatan pimpinan MPR sebagai perwakilan DPD.

“Hak penuh Pak OSO mau mundur atau mau terus. Tentang siapa gantinya itu merupakan kewenangan DPD,” kata Zulkifli Hasan, saat ditanya wartawan, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (8/2).

Zulkifli mengaku belum membicarakan secara formal maupun informal terkait rencana OSO mengundurkan diri dari Wakil Ketua MPR.

“Saya selama sepekan tidak di sini, saat ini baru masuk,” ujarnya.

Sebelumnya, Oesman Sapta Odang mengatakan akan melepaskan jabatannya sebagai Wakil Ketua MPR RI karena ingin fokus sebagai Ketua DPD RI.

“Dalam Hari Pers Nasional ini saya berjanji akan melepas jabatan sebagai Wakil Ketua MPR RI,” kata OSO, saat menjadi pembicara pada Dialog Pers dalam rangkaian Hari Pers Nasional di Padang, Rabu (7/2).

Menurut OSO, ia ingin memperjuangkan DPD sebagai perwakilan daerah di tingkat nasional. Ia berpendapat, selama 13 tahun DPD tidak memiliki kejelasan karena tidak memiliki kewenangan dan belum jelas ke mana arahnya.