Akui Berbohong Soal Putin Menteri Luar Negeri Belanda Mundur

Menlu Belanda Halbe Zijlstra. Foto Nselam.com
Menlu Belanda Halbe Zijlstra. Foto Nselam.com

Mengaku Berbohong Soal Putin Menlu Belanda Mundur

Denhaag,Sayangi.com- Menteri luar negeri Belanda telah mengundurkan diri setelah dia mengaku berbohong tentang Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dilansir dari ft.com (14/2) Halbe Zijlstra mengakui ia mengarang cerita menghadiri pertemuan Vladimir Putin dan mengklaim bahwa presiden Rusia memiliki desain ekspansionis tentang menciptakan “Rusia Raya”.

Zijlstra mengakui mengarang cerita bahwa dia mendengar komentar dari pemimpin Rusia tersebut pada tahun 2006. Saat itu ia masih bekerja sebagai kontraktor untuk kelompok energi Shell.

Zijlstra, yang ditunjuk sebagai menteri luar negeri tahun lalu, mengatakan kepada sebuah surat kabar Belanda pada hari Senin bahwa ia sebenarnya tidak berada dalam pertemuan tersebut. Namun ia mendengar soal pernyataan Putin dari orang lain.

Sebagai gantinya dia mengatakan bahwa dia telah melaporkan komentar tersebut untuk melindungi sumbernya, yang hadir saat komentar dibuat.

Menlu Halbe Zijlstra mengumumkan pengunduran dirinya di parlemen Belanda pada hari Selasa. Mundurnya Zijlstra dilakukan menjelang pertemuan yang direncanakan dengan mitranya dari Rusia di Moskow pada hari Rabu ini.

Zijlstra adalah sekutu penting Mark Rutte, perdana menteri Belanda, dan membantu mensponsori sebuah kesepakatan koalisi empat partai yang unggul tahun lalu.