China, Rusia,Turki Sampaikan Duka Cita Pada Iran

Foto The Star
Foto The Star

Beijing,Sayangi.com–  Presiden China Xi Jinping pada hari Senin kemarin mengirim sebuah pesan belasungkawa kepada rekannya dari Iran, Hassan Rouhani. Iran alami bela sungkawa atas jatuhnya sebuah pesawat jet Iran sehari sebelumnya.

Dalam pesannya, Xi menyampaikan belasungkawa terdalamnya kepada semua korban atas nama pemerintah China dan orang-orang China. Dia juga mengungkapkan simpati yang paling tulus kepada keluarga orang-orang yang meninggal dalam tragedi tersebut.

Pesawat penumpang Aseman Airlines yang menuju kota Yasuj di barat daya Pakistan lenyap dari layar radar. Pesawat dinyatakan hilang 50 menit setelah lepas landas dari Teheran pada hari Minggu.

Organisasi Penerbangan Sipil Iran (CAOI) mengkonfirmasi pada hari yang sama bahwa pesawat tersebut telah menabrak gunung Dena di provinsi Isfahan, Iran tengah. Dilaporkan tidak satupun dari 65 orang di kapal tersebut diyakini selamat.

Media pemerintah Iran mengatakan pada hari Senin bahwa reruntuhan pesawat naas tersebut ditemukan di kota Dengezlu di provinsi Isfahan. Dilansir dari xinhuanet.com (19/2) kemudian pihak CAOI mengatakan bahwa pihaknya tidak dapat memastikannya.

Cuaca buruk ditambah dengan daerah pegunungan menghambat operasi pencarian dan penyelamatan. Terkait peristiwa nahas diatas Presiden Putin menekankan bahwa Rusia berkabung bersama dengan mereka yang kehilangan keluarga dan teman dalam tragedi tersebut. Dan Rusia berharap mereka memiliki keberanian dan kekuatan di saat gelap ini, “kata layanan pers Kremlin yang dikutip Putin.

Presiden Urke Recep Tayyip Erdogan pada hari Minggu juga menyatakan duka cita kepada rekannya dari Iran menurut sumber presiden. Erdogan berharap adanya rahmat Tuhan pada orang-orang yang kehilangan nyawa mereka. Dilansir dari Daily Sabah (19/2) Erdoğan menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Iran Hassan Rouhani dan orang-orang Iran. Erdogan juga mengatakan jika diperlukan Turki siap membantu Iran dalam operasi pencarian dan penyelamatan dan menentukan penyebab kecelakaan pesawat tersebut.