Tim Penyelamat Temukan Reruntuhan Aseman Airlane

Menteri Perhubungan Iran Abbas Akhoundi. Foto PressTV
Menteri Perhubungan Iran Abbas Akhoundi. Foto PressTV

Teheran,Sayangi.com-Tim pencari dan penyelamatan Iran Senin kemarin berhasil mencapai lokasi kecelakaan pesawat. Tim pencari fakta mencapai lokasi kecelakaan sebelum fajar pada hari Senin. Seperti dilaporkan sebelumnya pesawat naas tersebut jatuh di Gunung Dena, yang tingginya sekitar 4.400 meter (14.435 kaki).

Media Televisi Iran melaporkan pesawat Aseman Airlines ATR-72, bermesin turboprop kembar biasa digunakan untuk daerah jarak pendek terbang. Akibat cuaca berkabut pada hari Minggu pesawat ini menabrak Gunung Dena di Iran selatan.

ATR-72 jatuh di dekat tempat tujuan kota Yasuj di selatan, sekitar 780 kilometer sebelah selatan ibukota, Teheran, dari tempat ia berangkat. Dilansir dari time.com (20/10) Juru bicara Aseman Airlines Mohammad Taghi Tabatabai mengatakan kepada televisi pemerintah bahwa semua yang ada di dalam pesawat Flight EP3704 terbunuh.

Kantor berita yang dikelola negara IRNA  melaporkan helikopter bergabung dalam pencarian dan menunjukkan ambulans dan kendaraan penyelamatan bersiap untuk mencapai lokasi. Menteri Transportasi Abbas Akhoundi meninggalkan Teheran pada hari Senin untuk mengunjungi lokasi kecelakaan tersebut, lapor TV pemerintah.

Rekaman yang diposting di situs berita independen menunjukkan ia berada di kokpit sebuah pesawat yang mengambil bagian dalam pencarian. Sedangkan kantor berita semi-resmi Iran, ISNA, mengatakan bahwa lebih dari 150 pendaki telah bergabung dalam operasi tersebut.

Jatuhnya pesawat tersebut merupakan bencana penerbangan fatal lainnya bagi Iran. Hampir selama 7 tahun Iran dilarang membeli pesawat-pesawat yang diperlukan lantaran sanksi Barat atas program nuklirnya. Kondisi ini memaksa masyarakat Iran terbang dalam pesawat penuaan.

Kesepakatan nuklir 2015 dengan kekuatan dunia mengangkat sanksi internasional terhadap Teheran dengan imbalan pembatasan program pengayaan nuklirnya. Hal ini memungkinkan Iran untuk membeli pesawat terbang . Negara ini telah menandatangani kesepakatan untuk membeli pesawat baru senilai puluhan miliar dolar.