Saddam Al Jihad Terpilih Sebagai Ketua Umum PB HMI 2018-2020

Ketua Umum PB HMI hasil Kongres ke-30 di Ambon, Saddam Al Jihad (tengah).

Ambon, Sayangi.com – Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ke-30 di Ambon menetapkan Respiratori Saddam Al Jihad sebagai Formatur sekaligus Ketua Umum Pengurus Besar HMI Periode 2018-2020.

Saddam terpilih sebagai Ketua Umum setelah berhasil meraih suara terbanyak pada pemilihan Ketua Umum yang berlangsung di Auditorium Universitas Pattimura, Ambon, Minggu (25/2). Saddam mengungguli kandidat lainnya dengan mengumpulkan 96 suara dari 191 suara cabang HMI. Visi Saddam yang mengusung tema ‘HMI Sustainable’ mampu mencuri perhatian dan daya tarik para peserta kongres.

Dalam pemilihan putaran pertama, Saddam memperoleh 96 suara, jauh mengungguli kandidat lainnya, Ilham Akbar Mustafa 43 suara, Asep Solahuddin 34, Fikri Suadu 8, Harianti Minda 6, Arifib 1 dan Keni Novandri 1 suara.

Pemilihan tahap kedua sedianya dilakukan bagi kandidat yang meraih dukungan minimal dari 20 cabang HMI. Namun, karena Saddam memperolah suara mayoritas dari 191 suara cabang yang berhak memilih, maka pemilihan tahap kedua ditiadakan dan Saddam dianggap dipilih secara aklamasi oleh peserta kongres organisasi kemahasiswaan terbesar di Indonesia tersebut.

Dalam sambutan kemenangannya, Saddam mengajak kader HMI untuk bersama-sama merawat tradisi keilmuan dan intelektualitas.

“HMI masih merawat generasi keilmunya, masih merawat intelektualnya, masih merawat persaudaraannya, kemenangan yang hakikat menjaga silaturahmi, kemenangan yang hakiki kemenangan sosial, kemenangan hakiki adalah menjaga persaudaraan bukan mengkhianati kawan, Allahu Akbar!” kata Saddam usai terpilih.

Saddam yang berasal dari HMI Cabang Jatinangor Jawa Barat itu selanjutnya mengajak kader HMI bersatu dan memaknai keterpilihannya sebagai Ketum PB HMI sebagai kemenangan bersama.

“Ini adalah kemenangan bersama, bukan hanya Saddam. Kita semua berhasil dalam Kongres terbesar di Indonesia ini,” kata Saddam.

Kongres HMI ke-30 di Ambon dibuka oleh Presiden Jokowi Pada Rabu (14/2/2018). Sejumlah tokoh turut hadir dalam acara pembukaan Kongres HMI antara lain Mensesneg Pratikno, Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi M Nasir, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Hadir pula Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Maluku Said Assagaff, Tokoh Senior KAHMI Akbar Tanjung , Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang dan Ketua Umum PPP Romahurmuziy.
Baca: Buka Kongres HMI, Jokowi: Indonesia Punya Modal Memimpin Dunia