PDI Perjuangan Berharap Akan Muncul Poros Ketiga Dalam Pilpres 2019

Jakarta, Sayangi.com – Wasekjend PDI Perjuangan Eriko Sotadurga mengatakan, akan lebih baik bila pertarungan dalam Pilpres 2019 diikuti oleh lebih dari dua pasangan calon (Paslon). Diharapkan dengan jumlah Paslon yang lebih dari dua, tensi di masyarakat tidak terlalu panas.

“Diharapkan bahwa Pilpres 2019 nanti ada tiga pasangan calon. Agar belahan yang ada di masyarakat itu tidak terlalu luar biasa,” ujar Eriko dalam sebuah diskusi di kawasam Cikini, Jakarta, Sabtu (3/3).

Anggota Komisi VI DPR RI ini juga berharap agar Pilpres 2019 diselenggarakan dalam dua putaran. Sehingga kemungkinan masyarakat akan terbelah dapat diminimalisir jumlahnya.

“Ketika putaran pertama selesai, maka putaran kedua baru jadi dua pasangan calon. Supaya belahannya tidak luar biasa, kalau head to head itu luar biasa belahannya,” tuturnya.

Eriko juga memandang ada kemungkinan akan ada poros ketiga dalam Pilpres 2019. Apalagi beberapa partai belum mendeklarasikan akan mengusung salah satu Capres yang sudah ada.

“Saya lihat di media sosial PKB menyatakan kalau tidak berikan Cawapres (untuk Muhaimin Iskandar), PKB akan mengusung Capresnya sendiri,” terangnya.

Lebih jauh Eriko menuturkan, kemungkinan poros ketiga akan dimotori oleh PKB, PAN dan Demokrat. Untuk PKS, kendati belum menentukan sikap resmi, namun diyakini PKS akan tetap setia mendukung Prabowo Subianto.

“Kalau untuk PKS kan sudah menyatakan ingin bersama Capres yang sebelumnya (Prabowo),” pungkasnya.