Mendagri Australia Bertamu ke Istana, Ini Penjelasan Menlu

Menlu Retno Marsudi

Jakarta, Sayangi.com – Presiden Joko Widodo menerima kunjungan kehormatan Menteri Dalam Negeri Australia Peter Dutton di Istana Merdeka Jakarta, Senin.

“Ini adalah kunjungan kehormatan Menteri Dalam Negeri Australia yang baru, Peter Dutton, kepada bapak Presiden,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai mendampingi Presiden di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Retno mengatakan kedatangan Peter Dutton ini membawa undangan dari Perdana Menteri Malcolm Turnbull kepada Presiden untuk hadir di KTT ASEAN-Australia pada pertengahan Maret 2018 ini.

Menlu mengungkapkan, selain hadir dalam KTT ASEAN-Australia, Presiden juga menyatakan akan melakukan pertemuan dengan PM Turnbull saat berkunjung ke Negara Kanguru tersebut.

“Presiden juga menyampaikan beberapa pesan dan isu yang akan disampaikan untuk pertemuan bilateral dengan PM Turnbull,” ungkap Retno.

Selain membawa undangan, lanjut Retno, Peter Dutton juga memperkenalkan diri dan juga menjelaskan kewenangannya kementeriannya dalam Kabinet PM Turnbull ini.

Retno mengungkapkan bahwa sebagai portofolio baru di kabinet PM Turnbull, Peter Dutton menjelaskan kepada Presiden Jokowi bahwa kewenangannya membawahi Kepolisian Federal Australia (AFP), Badan Intelijen Keamanan Australia (ASIO), dan Angkatan Perbatasan Australia (ABF) serta bidang “counter-terrorism”.

Dalam kesempatan ini Peter Dutton juga menyatakan bahwa keinginannya untuk melakukan kunjugan ke beberapa negara dan tujuan pertama adalah Indonesia saat terpilih menjadi menteri, ungkap Retno.