Kapolri Ajak Aktivis Cipayung Plus Jaga Kedamaian Pesta Demokrasi

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian memberikan sambutan dalam acara silaturahmi dengan aktivis mahasiswa Kelompok Cipayung Plus di Jakarta, Kamis (8/3).

Jakarta, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol M Tito Karnavian menggelar silaturahmi dengan aktivis mahasiswa dari Kelompok Cipayung Plus di Rumah Dinas Kapolri Jakarta, Kamis (9/3).

Pertemuan ini digagas dalam rangka membangun kebersamaan Polri dan Mahasiswa sekaligus pisah sambut terhadap sejumlah pengurus organisasi Kelompok Cipayung Plus yang telah menyelesaikan masa tugasnya.

Pada kesempatan itu, Kapolri mengajak para mahasiswa untuk turut menjaga suasana damai dan aman dalam momentum Pesta Demokrasi di Indonesia.

“Aktivis mahasiswa kelompok Cipayung Plus ini adalah calon-calon pemimpin bangsa di semua sektor di masa depan. Adik-adik, sambil melatih kepemimpinan dalam organisasi, marilah adik-adik juga bergandengan tangan dengan Polri untuk menjaga dan menciptakan keamanan, apalagi di tahun pesta demokrasi,” kata Kapolri Tito Karnavian.

Kapolri juga mewacanakan perlunya mengganti istilah ‘tahun politik’ dengan ‘pesta demokrasi’ karena menurutnya istilah tahun politik mengandung arti yang berkonotasi tegang dan panas.

“Saya rasa lebih pas jika kita gunakan istilah ‘pesta demokrasi’, karena yang namanya pesta kita semua terbawa dalam suasana yang senang dan penuh suka cita. Demikian juga Pesta Demokrasi kita harapkan menjadi sarana untuk membentuk demokrasi yang bermutu dengan melahirkan pemimpin yang baik dengan proses yang penuh suka cita,” kata Tito.

Selanjutnya Kapolri memberikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan Cipayung Plus yang sudah habis masa jabatannya. Tak lupa, Kapolri juga memberikan ucapan selamat kepada yang baru terpilih dan mengajak untuk terus bersama Polri menjaga bangsa Indonesia.

Acara pertemuan juga diisi dengan salat maghrib berjemaah yang dipimpin langsung Kapolri Tito Karnavian. Sebagai imam, Tito membacakan surat Al-Kafirun pada rakaat pertama dan Ayat Kursi pada rakaat yang kedua.

Usai shalat, Tito memimpin doa yang diantaranya berisi permohonan kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia dijaga kesatuan dan persatuannya, diberikan perlindungan, serta memohon petunjuk supaya bangsa Indonesia lebih baik lagi di masa depan.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut perwakilan dari 16 Organisasi dari Kelompok Cipayung Plus. Di antara mereka ada yang telah purna tugas antara lain Kartika Nur Rakhman (KAMMI), Karman BM (GPII), dan Chrisman Damanik (GMNI). Selain itu hadir juga aktivis senior Kelompok Cipayung Bursah Zarnubi.

Dari Unsur Kepolisian tampak hadir Wakabaintelkam Polri Irjen Luki Hermawan, Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Mohammad Iqbal, Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis, Kapolda Banten Brigjen Listyo Sigit Prabowo, dan Para Kapolres di wilayah hukum Polda Metro.