Hasil Lengkap All England 2018, Lima Nomor Dibagi Untuk 5 Negara

Di final nomor tunggal putra, Shi Yuqi, (kanan) berhasil menumbangkan seniornya, Lin Dan/ Reuters

Birmingham, Sayangi.Com– All England 2018 telah menyelesaikan babak final yang berlangsung di Birmingham, Inggris, pada Minggu (18/3) siang hingga petang (Senin dinihari WIB).

Hasilnya: gelar juara untuk lima nomor yang dipertandingkan pada turnamen bulu tangkis tertua dan paling bergengsi di dunia itu, dibagi merata masing-masing satu untuk pemain dari lima negara.

China yang biasanya dominan di All England sebelumnya, tahun ini hanya berhasil merebut satu emas di nomor tunggal putra melalui Shi Yuqi. Di partai final yang menampilkan all China, Shi Yuqi mengalahkan seniornya, Lin Dan, 21-19, 16-21, dan 21-9.

Bagi Shi Yuqi, ini adalah gelar pertamanya di All England. Sedangkan bagi Lin Dan, kekalahan ini memupus ambisinya untuk meraih gelar tunggal putra ketujuh di All England, untuk mendekati rekor abadi pebulutangkis asal Indonesia, Rudi Hartono, yang menorehkan juara delapan kali di turnamen ini.

Di tunggal putri, pebulutangkis asal Taiwan, Tai Tzu Ying, membuktikan diri sebagai yang terbaik di nomor ini. Di babak final semalam, Tai Tzu Ying mengalahkan pemain Jepang, Akane Yamaguchi, dengan angka 22-20 dan 21-13.

Gelar ganda putri diraih pasangan Denmark, Kamilla Rytter Juhl/Christinna Pedersen, yang mengalahkan pasangan Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, 21-19 dan 21-18.

Kalah di nomor ganda putri, Jepang berhasil merebut satu emas di nomor ganda campuran melalui pasangan Yuta Watanabe/Arisa Higashino yang mengalahkan pasangan asal China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong: 15-21, 22-20, dan 21-16.

Di ganda putra, pasangan Indonesia, Marcus Gideon/Kevin Sukamuljo, berhasil mempertahankan gelar juara yang diraihnya tahun lalu setelah meraih kemenangan atas pasangan Denmark peringkat dua dunia, Mathias Boe/Carsten Mogensen, 21-18, 21-17.