Tetapkan Lima Tersangka Dugaan Klaim Palsu, Allianz Apresiasi Kinerja Polisi

Kuasa Hukum PT Allianz Life Indonesia Eko Sapta Putra saat memberi keterangan pers di kawasan SCBD, Rabu (21/3).

Jakarta, Sayangi.com – Kuasa Hukum PT Allianz Life Indonesia Eko Sapta Putra mengaku, pihaknya mengapresiasi kinerja pihak Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Pasalnya beberapa waktu lalu, Allianz melapor terkait dugaan pemalsuan data klaim.

“Kami apresiasi kinerja aparat Polda Metro Jaya yang profesional dan memiliki integritas cukup tinggi. Kami akui kasus ini tidak mudah diungkap, kami apresiasi setinggi-tingginya,” ujar Eko di kawasan SCBD, Jakarta, Rabu (21/3).

Hingga saat ini, polisi telah menetapkan empat orang nasabah Allianz sebagai tersangka kasus dugaan klaim palsu. Adapun inisial keempat tersangka itu adalah DI, AA, MW dan BW.

“Sementara satu tersangka lagi adalah AL, yang diduga merupakan pengacara keempat nasabah tersebut,” katanya.

Awalnya, sambung Eko, pihaknya curiga dengan data dari sejumlah nasabah mereka yang mengajukan klaim. Setelah diselidiki, ternyata nama dan alamat mereka tidak terdaftar di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Bahwa empat tersangka saat ini ditetapkan sebagai DPO sejak 13 Februari, mereka ini kami duga hidupnya berpindah-pindah. Ternyata KTP tersebut palsu dan digunakan nasabah untuk melakukan klaim yang tidak wajar,” terangnya.

Lebih jauh Eko menduga, bahwa para tersangka tidak hanya terdaftar menjadi nasabah di satu perusahaan asuransi. Oleh karena itu, ia mengajak perusahaan asuransi lain untuk sama-sama melawan klaim asuransi fiktif seperti ini.

“Mereka tidak hanya punya satu asuransi saja, mereka juga join di asuransi lain. Kami mengajak bila ada perusahaan asuransi lain yang juga mengalami kejahatan asuransi, ayo kita sama-sama lawan ini,” paparnya.

Di tempat yang sama, Corporate Departement PT Asuransi Allianz Life Indonesia Adrian Dosiwoda mengatakan, pihaknya sangat serius untuk melindungi nasabahnya. Oleh sebab itu, ia mengapresiasi kinerja Polri yang sigap dalam memproses laporannya.

“Kami apresiasi polisi karena membuka kasus ini, jadi kami juga ambil langkah tegas ini demi mereka (nasabah). Allianz Life sangat zero tolerance terhadap kasus penipuan klaim asuransi,” kata Adrian.