Sejumlah Daerah Laksanakan Pilkada, Polda Metro Soroti Penyebaran Hoaks

Irjen Pol Idham Azis akan menjabat Wakapolri dan naik pangkat menjadi Komjen. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis menggelar Rakernis di Hotel Mercure Ancol. Rakernis ini merupakan tindak lanjut Rapat Pimpinan Polri pada 24 Januari lalu.

Salah satu poin yang dibahas dalam Rakernis ini adalah pengamanan Pilkada, di sejumlah daerah di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Sejumlah daerah yang akan melaksanakan Pilkada adalah Bekasi, Tangerang Selatan, kemudian persiapan Pilkada Gubernur Jawa Barat di wilayah Depok.

“Itu fokus dan itu sudah kita bahas, kita hanya tinggal menyiapkan perkuatannya. Kemudian kalau memang Polres masih kekurangan personil kita backup seperti itu,” ujar Idham, Kamis (22/3).

Selain itu, kata Idham, ada satu hal lagi yang menjadi perhatian pihaknya dalam Pilkada kali ini. Pasalnya, tren yang terjadi akhir-akhir ini menjelang Pilkada, biasanya penyebaran hoaks juga turut meningkat.

“Meskipun tidak ada Pilkada, kita punya kewajiban untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa hoaks itu sangat berbahaya,” tuturnya.

Menurut Idham, informasi yang belum tentu kebenarannya disebarluaskan bisa menjadi bumerang di masyarakat. Oleh karenanya, Polda Metro Jaya akan menggandeng tokoh masyarakat agar sama-sama memerangi hoaks yang terjadi.

“Kita mendorong komponen masyarakat untuk melawan hoaks ini,” tegasnya.

Lebih jauh Idham juga mengimbau masyarakat agar lebih selektif dalam memilah informasi yang didapat. Jangan sampai masyarakat menelan langsung informasi itu.

“Kita mulai dari diri kita masing-masing untuk selektif membaca media, apakah ini benar. Harus ada kita cek kroscek betul, apakah berita yang disampaikan ini benar,” jelasnya.