Basarah, Muzani dan Muhaimin Resmi Menjabat Pimpinan MPR RI

Pelantikan Pimpinan MPR yang baru di Jakarta, Senin (26/3).

Jakarta, Sayangi.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat menggelar rapat paripurna pelantikan tiga wakil ketua MPR sebagai hasil dari revisi Undang-undang tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD ( MD3), Senin, (26/3/2018).

Tiga orang Pimpinan MPR baru yang dilantik adalah Wakil Sekjen PDI-P Ahmad Basarah, Sekjen Gerindra Ahmad Muzani, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar. Penambahan tiga pimpinan baru MPR ini merupakan konsekuensi dari amanat Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3), tepatnya pada Pasal 427A.

Paripurna dipimpin langsung oleh Ketua MPR Zulkifli Hasan, didampingi sejumlah wakil Ketua MPR yakni Oesman Sapta Odang, Hidayat Nur Wahid, Mahyudin, dan EE Mangindan.

Paripurna tersebut dihadiri 9‎ fraksi MPR dan kelompok DPD. Hanya Fraksi PPP yang tidak hadir dalam paripurna dengan agenda tunggal pengucapan sumpah janji wakil ketua MPR.

“Fraksi PPP telah mengirim surat untuk tidak hadir dalam rapat paripurna ini. Sembilan fraksi dan kelompok DPD hadir. Dengan demikian, rapat paripurna kita buka dan bersifat terbuka,” kata Ketua MPR Zulkifli Hasan saat membuka rapat di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (26/3/2018).

Pelantikan tiga Wakil Ketua MPR tersebut diawali dengan pengambilan sumpah jabatan yang dipimpin Ketua Mahkamah Agung, Hata Ali.

Setelah membacakan sumpah ketiganya lalu menandatangani ‎ berita sumpah, dilanjutkan pemberian ucapan selamat oleh ketua MA dan disusul oleh para Pimpinan MPR.

Setelah pemberian selamat, ketiga wakil Ketua MPR yang baru tersebut lalu berfoto bersama pimpinan lainnya.

“Kami atas nama majelis selamat datang dan selamat bertugas,” kata Zulkifli usai pelantikan.

Dalam pelantikan tersebut hadir sejumlah Menteri Kabinet Kerja dari PDI-P, yakni Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Kemudian menteri Kabinet Kerja dari PKB, yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri. Hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang juga kader Gerindra.