Secara Senyap Kim Jong-un Berhasil Bertemu Xi Jinping di Beijing

Foto New York Time
Foto New York Time

Beijing,Sayangi.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, secara senyap telah berkunjung ke Beijing, China. Saat di Beijing Kim telah bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Pertemuan itu pun telah dikonfirmasi kebenarannya oleh kedua negara.

Itu merupakan kunjungan luar negeri pertama Kim semenjak dirinya duduk sebagai Pemimpin Tertinggi Korea Utara pada 2011.

Dikutip dari Associated Press (28/3) kunjungan tersebut dianggap sebagai langkah kebijakan signifikan Korut dalam mempersiapkan pertemuan delegasinya dengan pejabat tinggi Korea Selatan dan Amerika Serikat.

Rencananya Kim Jong-un akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada depan April 2018. Sementara itu, Kim juga akan dijadwalkan bertemu dengan Presiden AS Donald Trump pada Mei 2018.

Sebelum pertemuan Kim dan Xi dikonfirmasi, pada awal pekan ini media lokal melaporkan bahwa seorang pejabat tinggi Korut tiba di China menggunakan kereta khusus. Namun, tidak disebutkan secara khusus siapa pejabat tinggi tersebut.

Media asal Negeri Tirai Bambu, Xinhua, melaporkan bahwa pemimpin tertinggi Korut Kim Jong-un telah mengadakan perbincangan yang sukses dengan presiden China Xi Jinping di Beijing.

Sebelumnya, sejumlah analis memperkirakan bahwa keduanya akan bertemu sebelum Kim mengadakan dialog dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat.Betapa tidak China merupakan sekutu ekonomi utama Korea Utara.

Xinhua melaporkan dalam pertemuan itu Kim meyakinkan China bahwa ia berkomitmen untuk melakukan denuklirisasi. Sementara itu kantor berita pemerintah Korea Utara, KCNA, menyebut pertemuan itu sebagai tonggak dalam meningkatkan hubungan Korea Utara dengan China.