Melalui PBB, Arab Saudi Bantu Korban Perang di Yaman Rp 12,7 Triliun

Raja Mohammed Bin Salman dari Arab Saudi dan Sekjen PBB Antonio Guterres ,Foto Yahoo
Raja Mohammed Bin Salman dari Arab Saudi dan Sekjen PBB Antonio Guterres ,Foto Yahoo

Washington,Sayangi.com- Kerajaan Arab Saudi pada Selasa (27/3/2018) menyerahkan cek senilai 930 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 12,7 triliun kepada PBB untuk bantuan kemanusiaan di Yaman.

PBB minta Arab Saudi untuk mengakhiri perang di Yaman. Saudi memimpin koalisi militer untuk memerangi kelompok pemberontak Houthi di Yaman. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengucapkan terima kasih kepada Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman untuk sumbangan yang telah diberikan.

Sekjen PBB juga menekankan, perang di Yaman membutuhkan solusi politik, dan tidak hanya respons kemanusiaan. “Tidak ada solusi kemanusiaan untuk masalah kemanusiaan”. “Solusinya adalah politik, dan kami sepenuhnya siap membantu Anda untuk mencari solusi yang akan mengakhiri penderitaan di Yaman,” kata Guterres.

Saat memberikan sumbangan Pangeran Mohammed mengatakan, Saudi akan berusaha maksimal untuk menyelesaikan masalah di Timur Tengah secara politis. “Kami akan terus mematuhi, seperti yang selalu kami lakukan dengan hukum internasional,” ungkap Mohammed.

Perang Yaman banyak menelan Korban sipil.Berbagai serangan udara koalisi militer Jazirah di Yaman telah menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia.

PBB menempatkan koalisi Jazirah tersebut dalam “daftar hitam” karena membunuh dan melukai anak-anak yang tak berdosa. Sekitar 10.000 warga Yaman tewas dalam perang. PBB menyebut Perang Yaman sebagai krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Dari angka yang dihimpun PBB perang Yaman membuat dengan 22,2 juta warga sipil membutuhkan bantuan. Selain itu perang Yaman juga meningkatnya risiko kelapan, dan wabah kolera yang parah.

Sumber:Washington Post