Kapolda Maluku Ajak Masyarakat Bersama-sama Cegah Konflik Pilkada

Kapolda Maluku Brigjen Pol Andap Budhi Revianto saat memberikan arahan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku dan KPU kabupaten/kota se-Maluku di Ambon, Rabu (28/03/2018).

Ambon, Sayangi.com – Kapolda Maluku Brigjen Pol Andap Budhi Revianto mengajak seluruh elemen masyarakat Maluku untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban, serta mencegah konflik dalam pesta demokrasi Pilkada Serentak 2018.

Hal itu disampaikan Kapolda Maluku saat memberikan arahan sekaligus bersilaturahmi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Maluku dan KPU kabupaten/kota se-Maluku di Ambon, Rabu (28/03/2018).

“Mari kita sama-sama merajut persaudaraan di tanah ini, kita lebih tingkatkan lagi Maluku agar lebih baik ke depan. Kita harus mengenal tugas dan fungsi kita, ukuran keberhasilan pemilihan kepala daerah ini adalah lancar, aman, kondusif dan sukses,” ujar Andap.

Mantan Kapolda Sulawesi Tenggara ini mengatakan, secara umum kondisi Maluku relatif kondusif menjelang Pilkada Serentak 2018, meskipun Mabes Polri mengidentifikasi ada satu kabupaten yang berpotensi terjadi kerawaan.

Kapolda mangajak seluruh masyarakat untuk menunjukkan kepada Indonesia bahwa Maluku aman dan penyelengaraan pemilihan kepala daerah dapat terlaksana dengan baik.

“Semua potensi konflik kita cegah bersama-sama, sebab menjaga keamanan bukan saja tugas Polri atau TNI tetapi tugas kita bersama. Polda Maluku akan berupaya secara optimal membantu penyukseskan Pilkada Serentak,” ungkap Andap, yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Utara.

Dia mengingatkan agar calon kepala daerah dan pendukungnya menyampaikan pesan-pesan kamtibmas yang baik kepada masyarakat, merapatkan barisan untuk menjaga dan membangun Maluku demi masa depan yang lebih baik.

Dalam pertemuan itu, Kapolda didampingi oleh Karo Ops, Dir Intelkam, Dir Binmas, Dir Resrimum, Kabid Propam, Kabid Humas, Dir Sabhara dan Kapolres Pulau Ambon. Kapolda dan rombongan disambut langsung oleh Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun dan jajaran.

“Pilihan boleh berbeda tetapi jangan ada konflik, mari kita sama-sama bersinergi,” katanya.

Silaturahmi diakhiri dengan penyerahan cenderamata dari Kapolda kepada Ketua KPU Maluku Syamsul Rifan Kubangun.

Brigjen Pol Andap Budhi Revianto dikenal sebagai figur polisi yang berprestasi. Tak kurang dari sembilan tanda jasa telah diraihnya sejak dia mengabdi di Kepolisian, termasuk Bintang Bhayangkara Nararya.

Pada saat awal menjabat Kapolda Sulawesi Tenggara Andap Budhi mempelopori lahirnya aplikasi Halu Haluo Polda Sultra yang merupakan inovasi pelayanan berbasis teknologi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait kamtibmas. Dengan aplikasi tersebut masyarakat Sultra tidak perlu lagi datang ke kantor polisi untuk melapor apabila ada tindak kejahatan. Atas terobosannya ini Andap Budhi Revianto memperoleh penghargaan Kendari Pos Award 2017 sebagai Tokoh Kamtibmas dan Inovasi Pelayanan Masyarakat.