Golkar Rombak Pimpinan Komisi: Ace Hasan Wakil Ketua Komisi VIII, Sarmuji Wakil Ketua Baleg

Muhammad Sarmuji

Jakarta, Sayangi.com – Fraksi Partai Golkar DPR RI melakukan perombakan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan di DPR. Hal itu disampaikan Ketua Fraksi Golkar Melchias Markus Mekeng saat ditemui di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (28/3).

Menurut Mekeng, perombakan di beberapa pimpinan komisi bertujuan memberikan kesempatan kepada semua anggota Fraksi Golkar untuk bersinergi dan mendapat kesempatan untuk memimpin.

“Biasa kalau dalam partai politik dan fraksi merotasi, itu bukan sesuatu yang haram, karena saya ingin memberikan kesempatan kepada semua anggota Fraksi Golkar untuk bersinergi dan mendapat kesempatan untuk memimpin,” kata Mekeng di Jakarta, Kamis.

Dalam perombakan kali ini, Golkar menugaskan dua politisi mudanya yang dikenal vokal yaitu TB Ace Hasan Syadzily dan Muhammad Sarmuji masing-masing sebagai Wakil Ketua Komisi VIII dan Wakil Ketua Badan Legislasi.

Menurut Mekeng, Meutya Hafidz yang sebelumnya menjadi Wakil Ketua Komisi I kini digantikan Satya W. Yudha.

Lalu dia menjelaskan, Muhidin yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR digantikan Ibnu Munzir, lalu Bowo Sidik Pangarso diganti Dito Ganindito sebagai Wakil Komisi VI DPR, dan Satya Yudha diganti Eni Maulani Saragih sebagai Wakil Ketua Komisi VII DPR.

“Di Komisi VIII DPR, Nur Rahmat diganti Ace Hasan Syadzily sebagai Wakil Ketua Komisi VIII DPR dan Ferdiansyah diganti Hetifah Saifudian sebagai Wakil Ketua Komisi X DPR, dan Ketua Komisi XI DPR masih saya pimpin karena Ketua Umum Partai Golkar memerlukan waktu yang tepat,” katanya.

Adapun Muhammad Sarmuji yang ditugaskan di Wakil Ketua Badan Legislasi menggantikan Firman Soebagyo. Untuk Pimpinan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) Fraksi Golkar mengusulkan Andi Achmad Dara.

Mekeng menjelaskan Ketua Komisi II DPR Zainuddin Amali dan Ketua Komisi III DPR RI Kahar Muzakir tidak diganti karena keduanya masih baru menjabat posisi tersebut.

Rotasi tersebut dijelaskan dalam Surat Fraksi Partai Golkar nomor SJ.00.1918/FPG/DPR RI/III/2018 perihal Perubahan Susunan Pimpinan Fraksi Partai Golkar dan Susunan Anggota FPG DPR RI di Alat Kelengkapan Dewan.

Surat tersebut tertanggal 23 Maret 2018 dan ditandatangani Ketua Fraksi Partai Golkar Melchias Markus Mekeng dan Sekretaris Fraksi Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita.