Mantan Presiden Prancis Sarkozy Diadili Atas Dakwaan Korupsi

Nicolas Sarkozy mantan Presiden Perancis yang kesandung kasus penyalahgunaan jabatan. Foto Rte.ie
Nicolas Sarkozy mantan Presiden Perancis yang kesandung kasus penyalahgunaan jabatan. Foto Rte.ie

Paris,Sayangi.com- Mantan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy diperintahkan menghadiri sidang Korupsi hari Kamis (29/3) kemarin. Dia tersandung dakwaan korupsi dan penyalahgunaan pengaruh.

Dalam laporannya Sarkozy diduga melakukan beberapa percakapan telepon dengan seorang hakim yang menyelidiki klaim bahwa kampanye pilpresnya tahun 2007. Semasa Sarkozy kampaye presiden  dituduh kampayenya dibiayai secara ilegal.

Dikutip dari rte.ie ( 30/3) Dalam percakapan dengan hakim melalui telpon tersebut Politisi konservatif itu diduga menawarkan bantuan supaya hakim itu dinaikkan jabatan. Hal tersebut sebagai imbalan atas informasi mengenai penyelidikan mengenai kampanyenya.

Dalam percakapan telepon dengan Gilbert Azibert, seorang hakim senior di pengadilan tertinggi Perancis ketika itu, Sarkozy diduga menawarkan bantuan pada hakim itu untuk menduduki jabatan tinggi di Monaco. Dan percakapan telepon itu disadap polisi.

Sarkozy kehilangan kekebalan hukum dari penuntutan hukum sebulan setelah ia meninggalkan kantor kepresidenan pada Juni 2012.

Perkembangan terbaru itu muncul hanya beberapa hari setelah penyelidikan dimulai tentang laporan bahwa Sarkozy menerima sumbangan dana gelap. Ditengerai mantan presiden Prancis tersebut menerima sumbangan dari pemimpin Libya Moammar Khadhafi untuk kampanye pilpresnya yang sukses 11 tahun lalu.

Sarkozy membantah melakukan kesalahan tersebut. Melalui pengacaranya ia mengatakan mereka akan mengajukan banding atas keputusan diatas. Sidang yang mengadili Sarkozy akan bersidang pada 25 Juni mendatang.