Minum Madu Sebelum Tidur Kurangi Risiko Penyakit Jantung, Stroke, Hingga Kanker

Konsumsilah Madu Sebelum Tidur. Foto YouTube
Konsumsilah Madu Sebelum Tidur. Foto YouTube

Jakarta,Sayangi.com- Madu adalah salah satu super food yang memiliki segudang manfaat kesehatan tubuh. Madu mengandung zat antioksidan dan antimikroba yang melimpah. Madu dapat mencegah bakteri dan virus penyakit berbahaya.

Tak hanya itu, mengkonsumsi madu sebelum tidur juga rupanya memiliki manfaat kesehatan yang menakjubkan. Dilansir Boldsky (2/4)berikut 7 manfaat minum madu sebelum tidur:

1. Membuat tidur lebih lelap.
Menkonsumsi 1 sampai 2 sendok madu sebelum tidur secara rutin akan membuat tidur lebih Lelap. Madu dapat meningkatkan kadar insulin yang akan merangsang pelepasan tryptophan, asam amino penyusun protein di otak. Tryptophan kemudian akan diubah menjadi serotonin, hormon relaksasi dan suasana hati yang akan meningkatkan kualitas tidur.

2.Memelihara kesehatan hati
Hati membutuhkan asupan bahan bakar pada malam hari dan madu adalah makanan yang tepat untuk mengisi bahan bakar tersebut. Ini lantaran madu akan memaksimalkan produksi glukosa dalam hati, yang dapat membantu pembakaran lemak tubuh. Tak hanya itu, madu juga mengandung fruktosa yang sangat baik untuk memelihara kesehatan hati.

3.Meredakan batuk
Madu juga dapat dijadikan sebagai obat batuk yang mujarab. Caranya, minum 2 sampai 3 sendok makan madu sebelum tidur, lakukan cara ini secara rutin hingga batuk mereda.

4.Menurunkan berat badan
Kandungan glukosa dalam madu dapat membantu memecah lemak dalam tubuh dan membuangnya lewat kotoran dan urin. Selain itu, mengkonsumsi madu sebelum tidur juga akan menjaga perut tetap kenyang sepanjang malam sehingga berkhasiat menurunkan berat badan

5. Madu aman untuk orang yang obesitas
Madu juga sangat baik untuk orang yang obesitas, karena madu bebas lemak dan tinggi akan nutrisi. Madu aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu, madu juga dapat membantu meluruhkan lemak. Caranya, campurkan segelas air hangat dengan 1 sendok teh madu dan air lemon, kemudian minum sebelum tidur.

6.Detoks racun dalam tubuh
Meminum madu dengan segelas air hangat sebelum tidur adalah salah satu cara paling efektif untuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Kandungan antimikroba yang ada dalam madu dapat membantu membunuh virus dan bakteri berbahaya yang bersarang dalam lambung dan usus.

7.Meningkatkan Imunitas tubuh
Madu dikemas dengan zat antioksidan yang ampuh untuk melawan radikal bebas. Kandungan tersebut dalam tubuh bermanfaat mencegah berbagai penyakit. Madu juga kaya akan polifenol, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, hingga kanker.