Bertemu Sejumlah Musisi, Ketua DPR Dorong Pembahasan RUU Permusikan

Sejumlah musisi bertemu dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Rabu (4/4).

Jakarta, Sayangi.com – Puluhan musisi bertemu dengan Ketua DPR Bambang Soesatyo di Gedung DPR, Rabu (4/4). Kehadiran puluhan musisi tersebut guna menyampaikan sejumlah persoalan di bidang musik.

Saat pertemuan, pria yang karib disapa Bamsoet ini juga didampingi oleh anggota Komisi X DPR RI, yang juga musisi Anang Hermansyah. Untuk melindungi karya para musisi, Bamsoet berkomitmen mendorong adanya Undang-undang Permusikan.

“Apapun profesi itu harus ada perlindungan dari negara. Seniman mestinya ada dalam satu UU, pekerja seni harus ada perlindungan, harus masuk dalam pasal di UU Permusikan yang akan kita siapkan,” ujar Bamsoet.

Bamsoet juga menerangkan, bahwa musik Indonesia merupakan salah satu aset yang dimiliki bangsa Indonesia. Selain itu, musik juga dapat menjadi alat untuk mempererat persatuan bangsa.

“Jadi tidak ada yang tidak terkait dengan musik. Musik adalah bahasa universal,” katanya.

Ditempat yang sama, Anang Hermansyah mengatakan, kehadiran musisi ke DPR menambah keyakinan bagi DPR untuk mempercepat pembahasan RUU Permusikan. Ia berharap pembahasan RUU tersebut dalam dilakukan secepatnya.

“Sejumlah persoalan yang disampaikan teman-teman musisi menambah keyakinan DPR tentang pentingnya UU Permusikan dan mempercepat pembahasannya dengan memasukkan ke Prolegnas Prioritas 2018,” terang Anang.

Politisi PAN ini juga menyebut pertemuan musisi dengan Ketua DPR juga sebagai tindak lanjut hasil konferensi musik Indonesia. Seperti diketahui, konferensi musik digelar dalam rangka Hari Musik Nasional, yang digelar di Ambon, 9 Maret lalu.

Turut serta dalam pertemuan tersebut sejumlah musisi seperti Glenn Fredly, Irvan Samsons, pegiat musik Bens Leo dan sejumlah musisi lainnya.