Liga Champions: Liverpool Bungkam Manchester City 3-0

Alex Oxlade-Chamberlain merayakan gol spektakulernya ke gawang Manchester City pada leg pertama perempatfinal Liga Champions di stadion Anfield, Kamis (5/4/) dini hari WIB/Reuters

Liverpool, Sayangi.com– Liverpool membungkam Manchester City dengan skor 3-0 pada leg pertama babak perempatfinal Liga Champions di stadion Anfield, Liverpool, Rabu malam atau Kamis (5/4) dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Liverpool seluruhnya dicetak pada babak pertama, melalui Mohamed Salah (12′), Alex Oxlade-Chamberlain (21′), dan Sadio Mane (31′).

Kemenangan telak ini menjadi modal besar bagi Liverpool untuk menghadapi leg kedua yang akan berlangsung di stadion Etihad, Manchester City, pada 10 April pekan depan.

Pada laga ini, Manchester City sebagai tim tamu unggul dalam penguasaan bola yakni 62 persen. Namun Liverpool bermain sangat efektif dengan menciptakan 8 peluang dan 4 diantaranya tepat sasaran (on-target). Tiga gol The Reds tercipta dari lima peluang pertama yang mereka peroleh.

Gol pertama Liverpool dicetak melalui skema serangan balik. Dari lini pertahanan Liverpool, Trent Alexander-Arnold melepas umpan terobosan yang disambut Mohamed Salah dan menyodorkan ke Roberto Firmino yang kemudian melepas tendangan namun dapat diblok oleh pemain belakang Walker. Bola muntah jatuh di kaki Mohamed Salah yang berdiri bebas dan menyonteknya ke dalam gawang Manchester City.

Gol kedua Liverpool dicetak Chamberlain melalui tendangan spektakuler dari luar kotak penalti setelah menerima sodoran bola dari James Miller. Sedangkan gol ketiga Liverpool dicetak melalui tandukan Sadio Mane setelah menerima umpan Mohamed Salah.

Skor 3-0 untuk Liverpool bertahan hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Manchester City mencoba bangkit dengan menciptakan beberapa peluang, namun tak ada yang berbuah gol akibat solidnya pertahanan Liverpool.

Pada menit ke-53, manajer Liverpool Juergen Klopp menarik keluar Mohamed Salah karena mengalami cedera. Pada menit ke-71, Klopp juga menganti Firmino dengan Dominic Solanke.

Setelah Salah dan Firmino ditarik keluar lapangan, serangan Liverpool tidak seatraktif dibandingkan dengan babak pertama. Namun City juga tetap kesulitan membongkar pertahanan lawan hingga skor 3-0 bertahan hingga babak kedua berakhir.

Guardiola Sesali Gol Pertama

Usai laga, Pelatih Manchester City Pep Guardiola menyesali gol pertama Liverpool yang menurutnya disebabkan kesalahan pemainnya sendiri yang membiarkan Mohamed Salah berdiri tanpa terkawal di depan gawang City.

“Gol pertama adalah kesalahan, mereka mencetak gol kedua yang fantastis. Di babak kedua kami bereaksi dan kami bermain dengan baik, tetapi tidak bisa mencetak gol,” kata Guardiola, seperti dikutip laman UEFA.

Guardiola mengakui bahwa kemenangan tanpa kebobolan itu sangat penting bagi Liverpool, meskipun ia menanti reaksi para pemainnya pada leg kedua pekan depan.

“Tanpa kebobolan sangat penting bagi mereka. Kami akan melihat bagaimana para pemain bereaksi. Terima kekalahan ini, terima bahwa Liverpool memang tajam dan presisi, dan kami akan melihat apa yang terjadi pekan depan,” kata Guardiola.

Gelandang Manchester City Kevin De Bruyne menambahkan, “Saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi. Kami memulai dengan baik tetapi mereka melakukan yang terbaik, mencetak tiga gol dari empat peluang. Kami lebih baik di babak kedua tetapi tidak bisa mencetak gol.”

Sedangkan Juergen Klopp mengatakan kunci kemenangan Liverpool terletak pada babak pertama.

“Babak pertama yang brilian. Inilah sepak bola yang seharusnya terlihat. Kami tahu kualitas City, tetapi juga kualitas kami. Jika kami bisa mengontrol pertandingan lebih baik melawan tim seperti Man City dan tidak memberikan bola, kami akan lebih dekat dengan mereka di liga,” ujar Klopp.

Susunan pemain:

Liverpool: Karius, Alexander-Arnold, Lovren, Van Dijk, Robertson, Henderson, Milner, Oxlade-Chamberlain, Salah, Mane, Firmino
Cadangan: Mignolet, Clyne, Masterson, Moreno, Wijnaldum, Solanke, Ings

Man City: Ederson, Walker, Kompany, Otamendi, Laporte, Fernandinho, Silva, De Bruyne, Gundogan, Sane, Jesus
Cadangan: Bravo, Danilo, Stones, Sterling, Delph, Bernardo, Zinchenko