Perang Dagang: Trump Usulkan US$100 Miliar Untuk Tarif Barang Impor China

Buruh China di perusahaan Manufaktur.Foto The New York Time
Buruh China di perusahaan Manufaktur.Foto The New York Time

Washington,Sayangi.com- Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (6/4/2018) menginstruksikan kepada pejabat perdagangan AS untuk mempertimbangkan tarif tambahan untuk China. Tarif tambahan tersebut senilai US$100 miliar.Hal diatas termasuk tarif impor pada barang-barang China senilai US$50 mili

Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa tarif lebih lanjut tengah dipertimbangkan mengingat perlakuan tidak adil China terhadap kebijakan perdagangan AS sebelumnya.

Tarif yang ditetapkan China pada AS ditujukan untuk memaksa perubahan pada kebijakan . Pemerintah China mentransfer kekayaan intelektual AS ke perusahaan China,ujar Trump.

Investigasi “Seksi 301” USTR yang mengesahkan tarif menuduh China secara sistematis berusaha menyalahgunakan kekayaan intelektual AS melalui persyaratan patungan yang seringkali tidak dapat dinegosiasikan tanpa transfer teknologi. Tentu saja pendapat Trump tersebut kemudian dibantah China.

Dilansir dari Reuters Jumat (6/4) Trump menambahkan bahwa Departemen Perdagangan AS telah menetapkan bahwa China telah berulang kali terlibat dalam praktik perolehan hak kekayaan intelektual AS secara tidak adil.

Seiring dengan pengumuman tersebut Indeks saham berjangka AS turun. Hal ini menyusul reaksi terhadap pernyataan terbaru Trump. Pasar finansial di AS telah berayun liar selama beberapa hari terakhir ini. Ini lantarana menyusul kekhawatiran meningkatnya ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Tarif ini telah memicu kekhawatiran bahwa kedua negara akan menuju perang dagang yang akan menghancurkan pertumbuhan global.

Pekan ini Pemerintah Trump mengusulkan tarif 25% untuk sekitar 1.300 produk industri dan produk lain asal China. Sebaliknya China membalas dengan daftar tarif serupa atas impor dari AS. Produk AS yang dikenakan kenaikan tarif oleh China diantaranya kedelai, pesawat, mobil, daging sapi, serta bahan kimia.