Sebanyak 6.500 Personil Gabungan TNI-Polri Diterjunkan Untuk Pengamanan Aksi 6-4

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Presidium Alumni (PA) 212 bersama sejumlah Ormas Islam rencananya akan kembali menggelar aksi. Aksi yang dilabeli sebagai ‘Aksi Bela Islam 6-4’ ini digelar sebagai bentuk protes terhadap puisi yang dibacakan Sukmawati Soekarnoputri.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, massa yang akan mengikuti aksi diperkirakan sebanyak 1.000 orang. Sementara itu, lebih dari 6.000 personil gabungan disiapkan untuk mengamankan aksi.

“Untuk pengamanan aksi kita siapkan 6500 personil Gabungan dati TNI-Polri,” ujar Argo dalam keterangan tertulisnya, Jumat (6/4).

Massa, kata Argo, rencananya akan berkumpul di Masjid Istiqlal setelah selesai ibadah Salat Jumat. Sekitar pukul 13.00 WIB, massa akan bergerak memulai aksinya.

“Aksi rencananya akan dimulai pada pukul 13.00 WIB siang ini. Pusat aksi digelar di depan Bareskrim Polri,” kata Argo.

Seperti diketahui, puisi Sukmawati yang berjudul ‘Ibu Indonesia’ menimbulkan polemik di masyarakat. Pasalnya, dalam puisi yang ia bacakan di sebuah acara Fashion Week ini, Sukmawati membandingkan cadar dengan sanggul dan adzan dengan kidung.

Keruan saja gelombang protes tertuju ke putri mantan Presiden Soekarno ini, karena puisinya dianggap mendiskreditkan Islam. Hingga saat ini setidaknya sudah dua laporan polisi yang dialamatkan kepada Fatmawati.