Kapal Nelayan Indonesia Selamatkan 5 Muslim Rohingya

Pengungsi Rohingya yang diselamatkan nelayan Indonesia. Foto VOA
Pengungsi Rohingya yang diselamatkan nelayan Indonesia. Foto VOA

Banda Aceh,Sayangi.com- Sebuah kapal nelayan Indonesia menyelamatkan lima Muslim Rohingya yang didapati dalam kondisi lemah. Kapal yang membawa muslim Rohingnya tersebut ditemukan di lepas pantai provinsi Aceh.

Danlanal Lhokseumawe Kolonel Laut (P) M Sjamsul Rizal di Lhokseumawe mengatakan, mereka ditemukan nelayan pada Senin 2 April, 2018, pukul 20.30 WIB. Kapal yangvmembawa pengungsi Rohingya berada di sekitar 176 mil dari Kuala Idi Rayeuk, Aceh Timur.

Kelimanya lalu diselamatkan oleh nelayan Aceh Timur dan dibawa ke Pelabuhan Kuala Idi serta sampai di Kuala Idi, Jumat (6/4/2018) sekitar pukul 02.00 WIB.

Dilansir dari VOA Abdul Musafir Pejabat SAR Aceh mengatakan kelompok terdiri dari dua perempuan dan tiga lelaki itu dibawa ke pantai Jumat pagi (6/4) dan dirawat di sebuah rumah sakit di Kabupaten Aceh Timur. Pejabar SAR tersebut mengatakan kelompok ini memberitahu para petugas bahwa lima orang tewas selama 20 hari perjalanan mereka di laut.

Musafir mengemukakan belum jelas dari mana mereka bertolak. Saat tiba di Pelabuhan Idi Rayeuk, kondisi mereka lemah karena kekurangan makanan dan cairan.Anggota Posal Idi Rayeuk, Polres Aceh Timur serta  dibantu masyarakat, membawa kelima warga Rohingnya tersebut ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zubir Mahmud Idi Rayeuk.

Saat berita ini  diturunkan kelima pengungsi tersebut saat ini tengah mendapatkan perawatan.Selanjutnya para pengungsi ini akan dijemput oleh pihak imigrasi Langsa guna penanganan lebih lanjut.