Korut Ingin Pertemuan Kim Jong Un dan Donald Trump di Pyongyang.

Foto San Antonio Express News
Foto San Antonio Express News

Pyongyang,Sayangi.com– Korea Utara mendesak pertemuan antara Kim Jong un dan Presiden AS Donald Trup dilakukan di ibukota mereka, Pyongyang. “Tetapi” tidak jelas apakah Gedung Putih akan bersedia mengadakan pembicaraan di sana, “tulis CNN.

Pertemuan yang sangat dinanti-nantikan seluruh dunia oleh Trump dijadwalkan pada akhir Mei 2018 atau selambatnya awal Juni 2018.Trump dan Kim diperkirakan akan bertemu pada akhir Mei setelah pembicaraan antara Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Kim pada akhir April.

Ulan Bator, ibukota Mongolia, juga telah menawarkan sebagai lokasi kemungkinan pertemuan tingkat tinggi tersebut. Tempat ini santer disebut-sebut sebagai tempat yang paling memungkinkan diselenggarakan pertemuan tingkat tinggi antara Trump dan Kim Jong-un.

Menurut CNN, pejabat intelijen AS dan Korea Utara “telah berbicara beberapa kali dan bahkan telah bertemu di negara ketiga” untuk membahas tempat pertemuan puncak pertama antara Amerika Serikat dan Korea Utara.

Pembicaraan tersebut untuk meletakkan dasar bagi sebuah pertemuan antara Direktur Central Intelligence Agency (CIA) Mike Pompeo dan rekan Korea Utaranya menjelang pembicaraan Trump-Kim. Utusan ini mendiskusikan tempat pertemuan tingkat tinggi pertama antara Amerika Serikat dan Korea Utara.
Sumber: South Morning China Post