Tindaklanjuti Laporan Terhadap Sukmawati, Polri Berencana Panggil Ulama

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Polri masih mendalami laporan terhadap Sukmawati Soekarnoputri. Sukmawati dilaporkan oleh sejumlah pihak, terkait puisi ciptaannya yang berjudul ‘Ibu Indonesia’.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal mengatakan, pihaknya masih meminta keterangan dari sejumlah pihak. Ia berjanji Polri akan terus mengawal laporan tersebut, sesuai dengan proses hukum yang berlaku.

“Polri akan terus mengawal. Saat ini tahapan penyelidikan dilakukan, keterangan akan kami minta dan putuskan,” ujar Iqbal di Mabes Polri, Jakarta, Senin (9/4).

Mantan Kapolresta Surabaya juga menuturkan, sejumlah pihak bisa saja dipanggil sebagai saksi. Selain saksi dari ahli bahasa, tidak menutup kemungkinan polisi akan memanggil ulama.

Namun saat ditanya kapan pihaknya akan memanggil ahli bahasa, Iqbal belum dapat memastikannya. Namun yang pasti, Polri akan bekerja secara profesional menindaklanjuti laporan ini.

“Semua pihak akan kami mintai keterangan, ini ada tahapannya, semua tergantung keterangan yang didapat penyidik,” tuturnya.

Seperti diketahui, Presidium Alumni (PA) 212 melakukan aksi di depan Bareskrim Polri pada Jumat (6/4) lalu. Mereka meminta Polri segera memproses laporan terhadap Sukmawati Soekarnoputri.

Sukmawati awalnya membacakan sebuah puisi berjudul ‘Ibu Indonesia’ di sebuah acara Fashion Week pada Rabu (23/3) lalu. Putri Presiden pertama Indonesia Soekarno ini, dianggap mendiskreditkan Islam karena membandingkan kidung dengan azan dan sanggul dengan cadar.

Sukmawati sendiri telah meminta maaf pada Rabu (4/4) lalu. Ia mengaku tidak ada niatan darinya untuk menghina dan merendahkan ajaran Islam.