Menteri Luar Negeri Korea Utara Kunjungi Rusia

Menlu Korea Utara Ri Yong Ho bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov di Moskow Rusia 10 April 2018.Foto Reuters
Menlu Korea Utara Ri Yong Ho bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov di Moskow Rusia 10 April 2018.Foto Reuters

Moskow,Sayangi.com- Menteri luar negeri Korea Utara (Korut) Ri Yong-ho melakukan kunjungan ke Moskow. Kantor berita TASS melaporkan Ri tiba di Moskow pada Senin dan mengadakan pembicaraan dengan Sekretaris Dewan Keamanan Rusia Nikolai Patrushev tentang opsi untuk dialog antara Pyongyang dan Seoul.

Iapun bertemu dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Selasa kemarin. Setelah pertemuan dengan Ri,Lavrov mengatakan kepada awak media bahwa Moskow mendukung kontak antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Lavrov pun menambahkan dia telah menerima undangan untuk mengunjungi Pyongyang. Ia dan Ri juga melakukan pembicaraan terkait program nuklir dan rudal Korut. Keduanya juga membahas ketegangan antara Pyongyang dan Washington.

Kami menyambut normalisasi bertahap dari situasi dan penghentian ancaman timbal balik, dan kesiapan untuk kontak antara Korea Utara dan Amerika Serikat, ‚ÄĚkata Lavrov.

Dilansir dari Reuters (11/4) Ri tidak muncul di hadapan para awak media setelah pembicaraan. Namun sebelumnya kepada awak media Ri mengatakan “Situasi saat ini di semenanjung Korea dan di sekitar negara Anda.

Situasi politik internasional secara keseluruhan, mengharuskan kedua negara kami untuk lebih memperkuat kerjasama yang ramah. Hal ini untuk meningkatkan komunikasi strategis dan koordinasi tindakan kami antara negara-negara kami.”

Ri mengatakan dia berharap kedua negara akan menemukan cara untuk menciptakan “tonggak baru” dalam hubungan mereka tahun ini. Pejabat tinggi Korea Utara telah terlibat dalam kebingungan diplomasi internasional dalam beberapa minggu terakhir ini.

Sepertinya kebingungan petinggi Korea Utara muncul menjelang kemungkinan pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un.