Wakapolri Ingin Pada Bulan Ramadan Indonesia Telah Bebas dari Miras Oplosan

Wakapolri Komjen Pol Syafruddin saat menggelar konferensi pers soal miras oplosan di Mapolres Jakarta Selatan, Rabu (11/4). (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Wakapolri Komjen Pol Syafruddin memerintahkan seluruh jajarannya untuk memberangus keberadaan minuman keras (miras) oplosan. Pasalnya peredaran miras di Indonesia sudah sangat meresahkan.

“Oleh karenanya, saya perintahkan untuk menyelesaikan masalah ini secara tuntas. Saya perintahkan untuk membuat kasus ini berhenti, artinya untuk mengungkap masalah ini hingga ke akar-akarnya,” ujar Syafruddin saat menggelar konferensi pers di Mapolres Jakarta Selatan, Rabu (11/4).

Syafruddin juga meminta, para jajarannya untuk memberikan hukuman yang maksimal terhadap pelaku miras oplosan. Selain itu, Polri juga diharapkan berkoordinasi dengan kementerian dan sejumlah instansi terkait, untuk memberantas peredaran miras oplosan ini.

“Jangan kasih ampun, karena ini kejahatan lama dengan metode baru, mengganggu tata kehidupan masyarakat. Sekali lagi saya meminta hentikan peredaran miras oplosan,” katanya.

Mantan Kadiv Propam Polri ini juga mengaku mengapresiasi sejumlah Polda, yang telah berhasil mengungkap peredaran miras oplosan. Diantaranya adalah Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat dan Polda Kalimantan Selatan.

“Namun karena kami meyakini kasus ini di seluruh Indonesia terjadi. Mungkin pengungkapannya belum terlalu progresif, yang dilakukan tiga polda tadi belum tuntas. Mungkin ini baru yang ada di permukaan,” paparnya.

Lebih jauh mantan Kapolda Kalimantan Selatan ini juga menargetkan, tidak ada lagi peredaran minuman keras pada saat bulan Ramadan nanti. Oleh karenanya, kasus ini harus ditangani secara komprehensif dan semua sistim harus dibenahi.

“Bukan hanya Polri tapi semua lembaga harus turun tangan. Polri mengimbau kepada jajaran Kabinet, Kementerian untuk membahas masalah ini di sidang kabinet,” kata Syafruddin.

Dalam konferensi pers kali ini, turut hadir Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal, Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol Purwadi, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar