Cegah Narkoba Masuk Indonesia, Polri dan Bea Cukai Patroli di Perairan Riau

Brigjen Pol Eko Daniyanto

Jakarta, Sayangi.com – Polri terus melaksanakan patroli dan kegiatan preemtif. Hal ini dalam rangka pencegahan terhadap sindikat yang berusaha menyelundupkan narkoba ke Indonesia, terutama melalui jalur laut.

Dirtipid Narkoba Mabes Polri Brigjen Pol Eko Daniyanto mengatakan, terakhir, Polri dan pihak Bea Cukai melakukan kegiatan patroli gabungan terhadap sebuah kapal ikan. Diketahui, kapal tersebut berbendera Taiwan.

“Kita melaksanakan pemeriksaan terhadap satu buah kapal ikan Taiwan, yang memasuki wilayah Bengkalis, Riau,” ujar Eko dalam keterangannya, Selasa (17/4).

Setelah diperiksa, kata Eko, kapal tersebut dinyatakan bersih dan tidak ditemukan narkotika. Namun menurutnya, patroli tersebut tidak sia-sia, karena setidaknya ada keseriusan Indonesia dalam upaya pemberantasan narkoba.

“Minimal ada pesan (massage) bahwa Indonesia sangat serius dalam menghadapi penyeludup narkotika internasional. Yaitu dengan melaksanakan patroli dan pemeriksaan terhadap kapal kapal ikan negara asing yang memasuki wilayah hukum Indonesia,” jelasnya.

Lebih jauh Eko menerangkan, karena dinyatakan clear dan tidak ditemukan narkoba, kapal akan dikembalikan ke Taiwan. Saat ini, kapal masih disandarkan di Syah Bandar Selat Panjang

“Kapal saat ini masih di kantor Syah Bandar Selat Panjang untuk pengurusan ijin jalan kembali ke Taiwan. Saat patroli, tim menggunakan K-9 BC Batam, milik Bea Cukai,” pungkasnya.