Dilaporkan 18 Kali, Sukmawati Akan Diperiksa di Satu Tempat Saja

Jakarta, Sayangi.com – Puisi yang ditulis sekaligus dibacakan Sukmawati Soekarnoputri di sebuah acara fashion week lalu berbuntut panjang. Beberapa pihak akhirnya melaporkan putri Proklamator Soekarno ini ke polisi, lantaran puisinya dianggap mendiskreditkan Islam.

Kabareskrim Polri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto mengatakan, pihaknya masih melakukan investigasi terhadap 18 laporan, yang menyeret nama Sukmawati. Rencananya, kepolisian memanggil Sukmawati untuk diperiksa pada satu tempat.

Kata Ari Dono, alasan memeriksa Sukmawati dalam satu tempat adalah agar pemeriksaan berjalan lebih efisien. Apalagi laporan-laporan tersebut terkait masalah yang mayoritas sama.

“Total ada 18 laporan, kan tidak mungkin dia (Sukmawati) kita periksa di sana-sini semua. Ini masih kita pelajari kasusnya nanti akan kita kumpulkan semua laporannya,” ujar Ari Dono di Mabes Polri, Jakarta, Kamis (19/4).

Namun, hingga saat ini Ari Dono belum dapat memastikan kapan akan memanggil Sukmawati. Pasalnya, Polri masih melakukan penyelidikan laporan tersebut secara terperinci.

“Masih kita laksanakan penyelidikan, investigasi. Ini masih dipelajari, nanti kemungkinan akan kita kumpulkan,” katanya.

Seperti diketahui, terkait puisi ‘Ibu Indonesia’ yang dibacakannya, Sukmawati sudah meminta maaf kepada masyarakat. Menurutnya, ia tidak ada niat untuk menodai agama Islam melalui puisi yang dibacakannya tersebut.

Kendati telah meminta maaf, namun beberapa kelompok masyarakat belum mencabut laporannya dan berharap proses hukum tetap akan berjalan.