Polri: Hingga Saat Ini Alhamdulillah May Day Berlangsung Kondusif

Aksi sejumlah buruh di depan gedung DPR/MPR. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto menyampaikan, sampai saat ini aksi May Day berlangsung kondusif. Ia berharap aksi tersebut dapat terus kondusif hingga selesai nanti.

“Sampai dengan saat ini, Alhamdulillah May Day masih berlangsung dalam komdusif. Saya ucapkan terima kasih pada rekan-rekan buruh yang sudah melaksanakan (May Day) dengan tertib,” ujar Setyo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (1/5).

Setyo berharap, kondisi kondusif dapat diteruskan buruh di aksi-aksi selanjutnya. Menurutnya, aksi yang berjalan kondusif tidak lepas dari peran para ketua federasi buruh.

“Ini tentu peran serta seluruh pimpinan dan rekan-rekan buruh yang hari ini merayakan May Day. Saya atas nama pribadi juga mengucapkan Selamat Hari Buruh,” katanya.

Untuk mengawal aksi May Day ini, kata Setyo, pihaknya menerjunkan sekira 20 ribu personel. Namun, pihak kepolisian juga masih memiliki personel cadangan yang siap turun, bila diperlukan.

“Kalau personel cadangan sih ada ya. Kita masih punya teman-teman stand by,” jelasnya.

Lebih jauh Setyo menegaskan, bahwa aksi May Day tidak boleh dilakukan di depan atau dalam Istana Negara. Hal ini berkaitan dengan aturan terhadap simbol negara.

“Kita sama-sama menghormati, itu istana sebagai lambang negara, kalau masuk ada aturannya. Boleh masuk istana, tapi ada aturannya,” tandasnya.