Xi Jinping Tegaskan Marxisme Ideologi Yang Tepat Bagi China

Presiden China Xi Jinping dan Karl Marx Filosophis Jerman. Foto ABC
Presiden China Xi Jinping dan Karl Marx Filosophis Jerman. Foto ABC

Beijing,Sayangi.com- Hari Sabtu ini menandai peringatan ke-200 kelahiran Marx. Selama beberapa dekade terakhir, teori Marxisme telah menjadi landasan banyak teori yang dikembangkan oleh komunis Tiongkok untuk idiologi bangsanya.

Keputusan Partai Komunis China untuk tetap menganut ideologi ‘Marxisme’ dinilai tepat oleh Presiden Xi Jinping. Dalam pidatonya menjelang peringatan ulang tahun ke-200 Jinping memuji konsep sosialisme-komunisme Karl Marx.

Sejak berkuasa di pertengahan 2012, Xi Jinping, dipandang sebagai pemimpin terkuat Negeri Tirai Bambu setelah Mao Zedong. Dalam pidatonya ia selalu menyatakan partai itu tidak boleh melupakan akar sosialisnya.

Dikulik dari Reuters Sabtu (5/5/2018) bagi Jinping,  sebagai upaya untuk mencapai ‘pembaruan besar bagi bangsa China’ ia tak henti-hentinya mendorong sinifikasi dan modernisasi Marxisme. Menorehkan Marxisme ke dalam bendera Partai Komunis China merupakah hal yang sepenuhnya tepat, ucap Jinping.

Dalam pidatonya tersebut ia juga mengamanatkan agar seluruh anggota partai untuk mengadopsi interpretasi karya-karya serta pemahaman teori-teori Marxisme sebagai jalan hidup dan pencarian spiritual. Jinping juga menyinggung teori-teori Marx tetap relevan dengan China modern dan generasi berikutnya.

Dilansir dari Xinhua Sabtu (5/5/2018) berbicara di Kongres Dunia ke-2 tentang Marxisme, Xi mengatakan kepada hadirin, termasuk Komite Tetap Politbiro, bahwa Marx masih dihormati di seluruh dunia. Menurut orang no 1 China ini teori Marx masih bersinar dengan cahaya kebenaran yang cemerlang, Xinhua.

Isi pidato Jinping juga mengatakan bahwa Marx adalah “guru revolusi untuk proletariat dan orang-orang yang bekerja di seluruh dunia, serta pendiri utama Marxisme, pencipta partai-partai Marxis, pathfinder untuk komunisme internasional dan pemikir terbesar zaman modern. ”

Menggambarkan teori Marxis sebagai ‘matahari terbit yang spektakuler’, Jinping mencatat bahwa itu “menerangi jalan eksplorasi manusia tentang hukum sejarah dan pencarian manusia untuk pembebasan mereka sendiri.”

Kongres Dunia tentang Marxisme diselenggarakan setiap tiga tahun oleh Universitas Peking di China bekerja sama dengan sekolah Marxisme di Peking. Kongres Dunia tentang Marxisme ‘mewakili langkah nyata ke depan dalam pemahaman internasional dalam lingkaran Marxis dan filsafat radikal’, tulis kedua university tersebut.

Karl Marx Lahir di kota Trier Jerman selatan pada tanggal 5 Mei 1818, Karl Marx terkenal karena pekerjaannya bersama Frederick Engels pada pamflet 1848 The Communist Manifesto dan Das Kapital yang terdiri tiga volume. Kedua buku ini mengilhami ideologi resmi dari Partai Komunis China.

Untuk menghormati peringatan dua abad pendiri kelahiran komunisme, Cina juga telah mempersembahkan patung perunggu setinggi 5,5 meter ke kota Jerman. Patung penghormatan kepada Mark dibuat oleh seniman Tiongkok terkenal Wu Weishan