Kereta Haramain Mekah- Madinah Akan Beroperasi Bulan September

Foto Pinteres
Foto Pinteres

Riyard,Sayangi.com- Tak lama lagi kereta api cepat Haramain Saudi siap beroperasi penuh menjelang tutup tahun ini. Kereta listrik berkecepatan tinggi pertama antara Mekah dan Madinah akan beroperasi pada bulan September.. Gulf News melaporkan, kereta Haramain Express itu memiliki nilai sekitar 26 juta dollar AS atau Rp 223,8 miliar

Kabar tersebut diumumkan Menteri Transportasi Saudi Nabil bin Mohammed Al-Amoudi pada hari Minggu (6/5/2018).Hal tersebut diungkapkan Al-Amoudi pada sesi pembukaan Forum Ekonomi Makkah selama dua hari di The Ritz Carlton Hotel di Jeddah.

Kereta listrik berkecepatan tinggi dirancang untuk melakukan perjalanan dengan kecepatan lebih dari 300 kilometer per jam dan dianggap yang tercepat di Timur Tengah.

Kereta api itu akan dapat mengangkut 60 juta penumpang per tahun pada saat beroperasi penuh pada awal 2019. Pembangunan jalur kereta telah dimulai sejak Maret 2009 kata Al-Amoudi

Jalur utama sepanjang 450 kilometer akan melakukan perjalanan melalui King Abdullah Economic City, dengan jalur cabang singkat ke Bandara Internasional King Abdulaziz (KAIA) di Jeddah. Jemaah umrah yang diprediksi bakal mencapai 15 juta pada 2020 terus menanti beroperasinya kereta Haramain.

Transportasi adalah pilar utama ekonomi nasional dan pendorong utama kebangkitan ekonomi yang akan terjadi di bawah strategi Visi 2030 Arab Saudi,ungkap Al-Amoudi.

sumber:arabnews.com