Trump Beri Ucapan Selamat Atas Pelantikan Putin

Foto Routers
Foto Routers

Washington,Sayangi.com- Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberi ucapan selamat presiden Rusia Vladimir Putin pada pelantikannya. Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders mengatakan dalam sebuah pertemuan pada hari Senin.

Pertama, presiden Trump memberi selamat kepadanya Putin atas terpilihnya kembali sebagai Presiden Rusia. menantikan saat-saat ketika kita bisa memiliki hubungan yang baik dengan Rusia,” ungkap juru bicara Sarah Sanders di Gedung Putih kepada awak medi pada hari Senin waktu Washington.

Namun, Sanders menambahkan bahwa demonstran yang turun ke jalan-jalan Rusia pada hari Sabtu untuk memprotes lagi peresmian Putin memiliki hak untuk didengar secara damai.

Dilantik dari Sputnik (9/5) upacara pelantikan presiden Rusia terpilih kembali diadakan di Grand Kremlin Palace pada hari Senin. Pelantikan ini memberikan mandat Vladimir untuk masa jabatan presiden keempatnya, yang akan berlangsung hingga 2024.

Setelah mengambil sumpah, Putin menyampaikan pidato di mana ia menguraikan prioritas utama karyanya selama enam tahun mendatang. Putin menyatakan bahwa Rusia terbuka untuk berdialog dan akan mencari kerja sama yang setara dan saling menguntungkan dengan semua negara demi kepentingan perdamaian dan stabilitas di bumi kita.

Pada bulan Maret, TrumpĀ  memberi selamat kepada Putin atas kemenangan dalam pemilihan presiden Rusia dan mengundangnya untuk datang ke Amerika Serikat. Namun, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Jumat minggu lalu mengatakan belum ada langkah untuk mengatur pertemuan bilateral diambil sementara ini.