Kerusuhan Mako Brimob, Polri Kedepankan Tindakan Persuasif

Brigjen Pol M Iqbal. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)

Jakarta, Sayangi.com – Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol M. Iqbal yakin, pihaknya dapat mengendalikan situasi di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok. Seperti diketahui, kerusuhan di Rutan Mako Brimob pecah, pada Selasa (8/5) sekira pukul 19.30 WIB.

Polri, kata Iqbal, terus mengupayakan pendekatan kepada para narapidana. Selain itu, proses negosiasi juga terus diupayakan.

“Upaya-upaya lain juga sudah kami lakukan, karena ini adalah proses negosiasi dan juga ini memerlukan proses. Sampai saat ini situasi dapat dikendalikan,” ujar Iqbal di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (9/5).

Dikatakan Iqbal, tidak ada tambahan pasukan untuk menangani kasus tersebut. Semua sesuai dengan standar operasional prosedur dan strategi pengamanan yang ada.

“Kami terus menyampaikan pendekatan persuasif kepada tahanan. Karena ini napi teroris, sehingga kita harus mempunyai strategi,” katanya.

Sampai saat ini, lanjut Iqbal, Polri terus berkomunikasi dengan para narapidana. Ia juga mengimbau para narapidana untuk dapat mengikuti aturan yang berlaku.

“Kita komunikasi bahwa mereka dapat dengan tenang, mengikuti semua aturan-aturan yang ada di tahanan,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, dari data sementara, ada empat orang anggota Polri yang mengalami luka-luka. Kerusuhan terjadi diduga dipicu masalah makanan.

Awalnya, kata Argo, sesaat usai Salat Magrib ada napi yang menanyakan titipan makanan dari keluarganya ke petugas. Salah satu petugas menyampaikan, bahwa makanan tersebut ada di petugas lain.

“Kemudian napi tidak terima dan mengajak rekan-rekan napi lainnya untuk melakukan kerusuhan dari Blok C Dan B,” tutur Argo dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/5).