Ketimbang Aktifkan Koopssusgab, PKS Usul Siskamling dan Babinsa Diaktifkan Kembali

Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera. (Foto: Sayangi.com/Fahri)

Jakarta, Sayangi.com – Wacana pemerintah membentuk kembali Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab) untuk membantu memberantas terorisme dinikai tidak tepat

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengusulkan, daripada mengaktifkan Koopssusgab, lebih baik jika Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) kembali digalakkan. Karena hal itu dinilai juga efektif untuk mencegah tumbuhnya terorisme di masyarakat.

Selain Siskamling, Mardani juga mengusulkan agar Bintara Pembina Desa (Babinsa) TNI dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas) juga diaktifkan kembali.

“Grogi kalau (Koopssusgab) diaktifkan. Tapi cerdas kalau Babinsa diaktifkan, Babinkamtibmas dihidupkan, NKRI dihidupkan, semua teroris itu adanya di Indonesia, ada alamatnya ada tetangganya, ada RT, ada RW. Kalau Siskamling jalan dan semua orang berani lapor, gak ada lagi teroris,” kata Mardani di Kawasan, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (19/5).

Dia mencontohkan, kejadian bom bunuh diri yang terjadi di tiga Gereja di Surbaya beberapa waktu lalu. Menurutnya, Dita yang merupakan pimpinan Jaringan Ansharud Daulah (JAD) dan pelaku bom bunuh diri itu, sejak kecil harusnya diawasi orang tuanya ketika dia dinilai memiliki kelakuan yang mencurigakan.

“Udah tau dia berubah tapi si ibu tidak bicara, tidak lapor RT. Jadi siapapun dilaporkan ke RT/RW, kita kan ngobrol, di kawinan hadir, sederhana kok, Tentu tidak perlu kita paranaoid, semua dilaporin. Tapi kita datangin dulu,” pungkasnya.