Polri Akan Terus Kejar Penyebar dan Pembuat Hoaks Terkait Terorisme

Ketua Satgas Pangan Polri Irjen Pol Setyo Wasisto. (Foto: Sayangi.com/Tri Setyo)
Jakarta, Sayangi.com – Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan, pihaknya telah mengamankan sejumlah orang, terkait hoaks peristiwa terorisme. Mereka berasal dari sejumlah daerah di Indonesia.

“Beberapa orang yang ditindak karena memposting provokasi dan ujaran kebencian seperti di Sumut (Sumatera Utara), Kalbar (Kalimantan Barat) ada satu lagi. Ketika diminta keterangan, mereka merasa hanya meneruskan atau memforward,” ujar Setyo di Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/5).

Dikatakan Setyo, dalam Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) meneruskan dan menyebarkan hoaks juga akan ditindak. Oleh karena itu, ia mengimbau masyarakat untuk lebih bijak menggunakan media sosial.

“Polisi akan kejar terus, kalau dia meneruskan dari siapa, postingan siapa. Tidak serta merta info dari mereka kita terima,” jelasnya.

Saat ini, kata Setyo, Polri masih terus mencari tahu siapa pihak yang membuat hoaks terkait peristiwa teror. Oleh karena itu, patroli di media sosial juga terus dilakukan Polri.

“Terkait beredarnya hoaks dan ujaran kebencian di media sosial ini kan sudah kita terima (infonya). Kita lakukan patroli juga,” katanya.

Lebih jauh Setyo menjelaskan, bahwa terorisme merupakan tindak kriminal yang luar biasa. Sehingga Polri butuh peran serta seluruh pihak untuk memberantasnya.

“Terorisme ini adalah musuh bersama, harus kita lawan bersama. Extraordinaire crime harus dilawan dengan luar biasa juga,” pungkasnya.