Terkuak, Malaysia Airlines MH17 Ditembak Rudal Buatan Rusia

Kapten Vladyslav Voloshyn,pilot Angkatan Udara Ukraina yang dituduh Rusia menembak pesawat MH 17. Foto AF
Kapten Vladyslav Voloshyn,pilot Angkatan Udara Ukraina yang dituduh Rusia menembak pesawat MH 17. Foto AF

Den Haag,Sayangi.com- Hari Kamis (24/5/2018) Tim penyidik Belanda mengidentifikasi  penyebab jatuhnya  pesawat milik Malaysia Airlines (MH17) akibat bahwa rudal dari sebuah unit militer Rusia. Kejadian tersebut menyebabkan seluruh penumpang dan awak pesawat sebanyak 298 tewas.

Penyelidikan pun digelar dengan membentuk satuan tugas JIT beranggotakan Belanda, Belgia, Australia, dan Malaysia. Dari penelusuran yang dilakukan, Kepala tim Penyidik Belanda, Fred Westerbeke, mengatakan Pesawat yang terbang dari Amsterdam ke Kuala Lumpur itu ditembak dengan rudal anti-pesawat buatan Rusia “Buk”.

Pesawat MH 17 ditembak pada 17 Juli 2014 di wilayah timur Ukraina yang dikuasai oleh separatis pro-Rusia dengan menggunakan Rudal Buk.  Rudal Buk diketahui milik Brigade Anti-serangan Udara Rusia ke-53. Brigade tersebut didirikan pada 1967 di Armenia. Brigade tersebut sempat dikirim ke Jerman Timur untuk menghadapi Perang Dingin. Pasukan matra darat itu kemudian ditarik dari Jerman Barat pada 1992, dan hingga kini bermarkas di kawasan Kursk.

Dilansir dari Reuters Jumat (25/5/2018)bertahun tahun Rusia tetap konsisten bahwa pihaknya tidak ada hubungannya dengan insiden itu. “Tidak satu pun peluncur rudal pertahanan udara dari Angkatan Bersenjata Rusia pernah melintasi perbatasan Rusia-Ukraina,” menurut pernyataan kantor berita Rusia TASS sebagaimana mengutip Kementerian Pertahanan.

Kremlin berkali-kali mengklaim tidak melakukan tembakan, dan menuduh Ukraina sebagai negara yang harus bertanggung jawab. Pemerintah Rusia justru menyalahkan Voloshyn kapten pilot jet tempur Ukraina sebagai biang tragedi yang menewaskan 298 penumpang dan awak pesawat Boeing 777 itu.

Tudingan itu kemudian membuat seorang pilot Angkatan Udara Ukraina, Kapten Vladyslav Voloshyn, menderita depresi. Ia telah dituduh Kremlin  sebagai orang yang menembakkan rudal sehingga menghantam pesawat MH17 milik Malaysia Airlane. Dia selalu menyebut tuduhan Rusia terhadap dirinya adalah sebuah kebohongan besar.

Voloshyn  bunuh diri dengan cara menembak diri sendiri di rumahnya di kota Mykolaiv dekat Laut Hitam, Minggu (18/3/2018).