Kapolri dan Panglima TNI Kunjungi KEK Mandalika

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau Kawasan Ekonomis Khusus (KEK) Mandalika, Kamis (31/5).

Mataram, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto beserta rombongan melakukan peninjauan ke Kawasan Ekonomis Khusus (KEK) Mandalika di Lombok Tengah, yang berdiri diatas tanah seluas 1.000 Ha, Kamis (31/5/2018).

Ketika tiba di Kantor The Mandalika Panglima TNI, Kapolri beserta rombongan menerima paparan langsung dari Direktur utama ITDC The Mandalika Abdulbar M Mansoer.

Dia menjelaskan, KEK Mandalika menawarkan wisata bahari dengan pesona pantai dan bawah laut yang memukau. Mandalika berasal dari nama seorang tokoh legenda, yaitu Putri Mandalika yang dikenal dengan parasnya yang cantik.

“Setiap tahunnya, masyarakat Lombok Tengah merayakan upacara Bau Nyale, yaitu ritual mencari cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan dari Putri Mandalika. Perayaan ini merupakan budaya yang unik dan menarik wisatawan baik lokal maupun internasional,” paparnya.

Berdasarkan potensi dan keunggulan yang ada, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) yang telah mengembangkan Nusa Dua Bali mengusulkan pembentukan KEK Mandalika.

Sebagai destinasi wisata bahari dan wisata budaya dengan panorama yang eksotis dan berdekatan dengan Pulau Dewata, KEK Mandalika diperkirakan akan menarik kunjungan 2 juta wisatawan mancanegara per tahun pada 2019.

Menurut Abdullah, KEK Mandalika memiliki konsep pengembangan pariwisata berwawasan lingkungan dengan pembangunan obyek-obyek wisata dan daya tarik wisata yang selalu berorientasi kepada kelestarian nilai dan kualitas lingkungan hidup yang ada di masyarakat.

Peninjauan ke wilayah ini tentunya merupakan bentuk dan wujud pemerintah utamanya TNI Polri dalam memberikan rasa aman dan tentram sehingga kegiatan pembangunan dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga pertumbahan ekonomi dapat meningkat. Selain itu, dengan terbangunnya kawasan ekonomi khusus Mandalika diharapkan wilayah NTB semakin terkenal dan mendunia sehingga banyak wisatawan dan investor yang datang ke NTB.

Dalam kegiatan tersebut Kapolri didampingi oleh pejabat utama mabes Polri antara lain Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin, Dankorbrimob Polri Irjen Pol Rudy Sufahriadi, Karo Provost Divpropam Polri Brigjen Pol Refdi Andridan Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Pol Muhammad Iqbal.

Sedangkan Panglima TNI didampingi diantaranya Asintel Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Benny Indra Pujihastono, Aslog Panglima TNI Laksda TNI Bambang Nariyono, Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI M. Sabrar Fadhilah dan Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto.

Turut hadir dalam acara tersebut Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto dan jajaran, Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, Kapolda NTB Brigjen Pol Achmat Juri dan pejabat utama Polda NTB beserta Kapolres jajaran Polda NTB,  Danrem 162 Wirabhakti dan pejabat utama Korem 162 WB.

Setelah kegiatan peninjauan selesai Panglima TNI dan Kapolri beserta rombongan menuju ke Bandara Udara Internasional Lombok (BIL) untuk take off menuju Surabaya Jawa Timur.