Putin Undang Kim Jong UN Melawat Rusia

Pemimpin Korea Utara Kim jong Un melihat luar dari jendela pesawat pada 9 Mei 2018. Foto KCNA
Pemimpin Korea Utara Kim jong Un melihat luar dari jendela pesawat pada 9 Mei 2018. Foto KCNA

Moskow,Sayangi.com- Wakil ketua majelis rendah parlemen Ivan Melnikov menyebutkan Kremlin undang  Kim Jong Un untuk melawat ke Rusia pada bulan September.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov seperti ditulis kantor berita RIA  Senin kemarin menyatakan, undangan lawatan Kim telah  disampaikan. Undangan tersebut dalam bentuk surat pribadi yang disampaikan  Menteri Luar Negara Rusia, Sergey Lavrov saat bertemu dengan Kim di Pyongyang pekan lalu.

Peskov menuturkan “Salah satu kesempatan yang mungkin untuk lawatan ini adalah pemimpin Korut akan menghadiri Forum Ekonomi Timur ke-4 di Vladivostok. Kota Vladivostok merupakan daerah yang letaknya di timur Rusia yang berbatasan dengan Korea Utara.

“Forum itu rencana akan berlangsung pada 11-13 September. Namun, kunjungan Korea Utara ke Rusia tergantung pada Pyongyang, tergantung pada nyamannya mereka untuk melakukan kunjungan,” imbuh Peskov.

Peskov kemudian menambahkan, masalah ini harus dikerjakan melalui saluran diplomatik dan tidak ada rincian spesifik tentang pertemuan itu sejauh ini.

Sejauh ini Jong-un diketahui hanya pernah melakukan kunjungan ke dua negara, yakni Korea Selatan (Korsel) dan China. Dia dijadwalkan untuk mengunjungi negara ketiga, yakni Singapura pada pekan depan untuk menghadiri KTT dengan Donald Trump.

Dilansir dari channelnewsasia.com Selasa (5/6/2018) seandinya pertemuan dengan Trump benar-benar terlaksana, maka ini akan menjadi lawatan pertama yang jaraknya terjauh yang pernah Jong-un lakukan sejak naik tahta setelah kematian ayahnya.