Acciaroli Kota yang Dipenuhi Warga Berusia Lebih dari 100 Tahun

Foto Daily Express
Foto Daily Express

Milan,Sayangi.com- Acciaroli adalah dusun kecil di provinsi Salerno, sekitar 85 mil dari Naples, di daerah Italia selatan Cilento.

Bagi beberapa orang, “Cilento” mungkin terdengar cukup akrab, karena memiliki pantai yang indah. Selain hal tersebut, kota yang terletak di barat laut Italia itu memiliki populasi warga berusia lebih dari 100 sekitar 2.000 orang. Jumlahnya satu dibanding 10 dari total seluruh populasi yang mencapai 60 ribu jiwa.

Tim penrliti independen dari Sapineza University Roma dan San Diego School of Medicine telah menghabiskan 6 bulan riset di Acciaroli. Penelitian tersebut untuk menemukan faktor dibalik usia panjang warga kota ini.

Periset menemukan dari 81 sampel, menyimpulkan mayoritas penduduk Acciaroli memiliki sirkulasi darah yang baik serta level Adrenomedullin yang sangat rendah. Dalam istilah kedokteran Andrenomedullin merupakan hormon yang bertanggung jawab atas pembengkakan pembuluh darah yang bisa mengakibatkan penyakit serius.

Warga Acciaroli pun sangat jarang terkena penyakit kronis. Namun tim peneliti menduga usia panjang warga sini lantaran pola makan dan banyak mengkonsumsi daun rosemarry .

Mayoritas penduduk Acciaroli lebih sering makan ikan hasil buruan perairan setempat, kelinci.  Atau ayam yang diternakkan sendiri, sayur dari kebun sendiri, dan minyak zaitun.Mereka juga rajin berkebun dan berjalan kaki.

Dr Alan S. Maisel, kardiologis dari San Diego School of Medicine menyebutkan “Kami menemukan mereka tidak punya penyakit kronis seperti kita lihat di Amerika Serikat, seperti penyakit jantung, obesitas, atau Alzheimer,”.

sumber:www.lifeinitaly.com