Trump Undang Kim Jong-un Ke AS, Jika KTT Singapura Berjalan Baik

Foto CNN
Foto CNN

Washington,Sayangi.com- Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, mengatakan jika pertemuan dengan Korea Utara di Singapura berjalan sukses maka ia akan mengundang pemimpinnya Kim Jong-un ke Gedung Putih

Seperti diberitakan sebelumnya Trump akan bertemu pemimpin Korut pada Selasa pekan dalam pembicaraan tatap muka bersejarah. Kedua pemimpin negara yang pernah berseteru ini akan membicarakan mengenai program senjata nuklir Pyongyang.

Dilansir dari independent,Jumat (8/6/2018) Trump  mengadakan konferensi pers dengan perdana menteri Jepang di Washington. Saat ditanya awak media apakah Trump akan menjamu Kim Jong-un di Gedung Putih atau di resor Mar a Lago di Florida?. Trump menjawab “Mungkin kita akan mulai dengan Gedung Putih,”

Di tempat yang sama para awak media juga menanyakan apakah Trump akan mengundang Kim Jong-un ke AS di pertemuan puncak? “Tentu saja jika itu berjalan dengan baik. Dan saya pikir itu akan diterima dengan baik. Saya pikir dia akan melihatnya dengan sangat baik,jawab Trump”. Namun Trump mengatakan ia benar-benar siap untuk melupakan pertemuan tersebut jika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik.

“Saya berharap pertemuan yang akan datang di Singapura mewakili permulaan masa depan baru yang cerah bagi Korea Utara.Serta masa depan yang cerah bagi dunia,” ungkapnya.

Trump mengatakan dia telah menerima surat “hangat” dari Kim Jong-un menjelang pertemuan dan ia berharap untuk mengejar normalisasi hubungan dengan Korut. Trump juga akan berusaha mengangkat masalah korban penculikan Jepang atas permintaan Perdana Menteri Shinzo Abe.

Saat konpres bersama Trump di gedung putih Abe pada awak media mengatakan, Abe memiliki pertukaran pandangan yang jelas dan transparan dengan Trump. Dia menyebutkan presiden AS itu sepenuhnya memahami perlunya membawa pulang setidaknya selusin warga Jepang yang ditahan di Korut.

Trump dan Kim Jong-un akan bertemu pekan depan di Hotel Capella di pulau Sentosa Singapura .