Putin Ungkap Rusia Tak Berencana Mundur dari Suriah

Foto Getty Image
Foto Getty Image

Moskow,Sayangi.com- Rusia tidak akan menarik pasukannya dari Suriah. Presiden Vladimir Putin menyatakan Rusia tidak berencana untuk menarik pasukannya dari Suriah untuk saat ini. Moskow akan mempertahankan keberadaan pasukannya di negara jazirah itu selama untuk kepentingan Rusia.

Dilansir dari Al-Jazeera,Jumat (8/6/2018),Statemen tersebut ditegaskan Putin dalam wawancara televisi, “Kami belum merencanakan penarikan pasukan militer ini,

Putin juga menambahkan “Kami tidak membangun fasilitas jangka panjang di sana dan jika diperlukan kami dapat dengan cepat menarik pasukan kami tanpa kehilangan material.

“Tetapi untuk saat ini, kami membutuhkan mereka di sana, mereka melaksanakan tugas-tugas penting. Mereka termasuk memberikan keamanan untuk Rusia di wilayah tersebut, dan membantu kepentingan kami di bidang ekonomi,” tukasnya Putin.

Rusia pertama kali meluncurkan serangan udara di Suriah pada bulan September 2015. Serangan udara militer Rusia merupakan intervensi Timur Tengah terbesarnya dalam beberapa dekade. Intervensi ini mengubah gelombang konflik untuk keuntungan Presiden Bashar al-Assad.

Bulan Desember tahun lalu Putin terbang ke Suriah dan menyatakan misi Rusia selesai. Ia memerintahkan bagian “signifikan” dari kontingennya untuk mulai menarik diri.Walaupun begitu hingga kini belum ada penarikan militer yang signifikan yang dilakukan Rusia.