Indonesia Rebut Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB

Menlu Indonesia Retno Marsudi saat diumumkan Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Foto WP
Menlu Indonesia Retno Marsudi saat diumumkan Indonesia terpilih menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Foto WP

New York,Sayangi.com- Majelis Umum menyelenggarakan pemilihan lima anggota tetap Dewan Keamanan. Indonesia kembali terpilih sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Majelis Umum PBB melalui pemungutan suara berhasil memilih Anggota Dewan Keamanan tidak tetap yang baru. Anggota yang terpilih  adalah Republik Dominika, Indonesia, Afrika Selatan, Belgia, dan Jerman.

Pemilihan anggota DK tidak tetap PBB, dilangsungkan di kantor pusat PBB di New York, Amerika Serikat, Jumat (8/6) waktu setempat. Indonesia berhasil terpilih setelah meraup 144 suara, dari jumlah minimal sebanyak 127 suara.

Pengumuman diatas dibacakan langsung oleh Presiden Majelis Umum PBB Miroslav Lajčák selaku pemimpin sidang. “Indonesia,Afrika Selatan, Republik Dominka, Indonesia,Jerman, Belgia, terpilih sebagai anggota tidak tetap DK PBB untuk dua tahun,”

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi kepada awak media selesai Sidang mengatakan bahwa Indonesia akan bekerja di dewan untuk mempromosikan pemeliharaan perdamaian dan pembangunan perdamaian, pencegahan konflik. Dan misi pembangunan dan perlindungan lingkungan PBB untuk tahun 2030.

Indonesia juga akan membuat “memerangi terorisme dan radikalisasi melalui pengembangan pendekatan komprehensif global yang membahas akar permasalahan mereka” sebagai prioritas, ungkap Retno.

sumber:webtv.un.org dan washington post