Ceramah Kapolri di Samarinda: Semoga Kita Dapat Lailatul Qadar

Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian menyampaikan ceramah dalam rangkaian acara Safari Ramadhan Nasional di Mapolresta Samarinda, Jumat (8/6).

SAMARINDA, Sayangi.com – Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian mendoakan semoga jemaah yang menghadiri tausiyah dalam Safari Ramadhan Kapolri dan Panglima TNI di Samarinda mendapatkan malam Lailatul Qadar.

“Niat baik kita dalam acara silaturahmi ini juga menjadi ibadah bagi kita. Mudah mudahan di minggu terakhir dalam Bulan Ramadhan ini mudah-mudahan kita semua mendapatkan Lailatul Qadar,” kata Kapolri di Mapolresta Samarinda Kalimantan Timur, Jumat (8/6/2018).

Sebelumnya Kapolri menyampaikan kedatangan Panglima TNI dan Kapolri yang kedua kali ke Kalimantan Timur menunjukkan rasa sayang kepada Kalimantan Timur.

“Bapak Gubernur Kaltim memiliki pemikiran yang sangat jauh kedepan yaitu visioner, dengan dibangunnya bandara di Samarinda,” kata Tito.

Tito mengatakan, modal yang paling utama bukanlah Sumber Daya Alam, bukan juga Sumber Daya Manusia, tetapi keamanan. Tanpa keamanan semuanya tidak ada artinya.

“Orang Kaya jika di wilayah nya tidak aman maka akan sama saja bohong. Keamanan sama dengan kesehatan. Kesehatan bukanlah segala galanya namun tanpa kesehatan segala galanya tiada artinya sama seperti Keamanan juga seperti itu,” kata mantan Kapolda Metro Jaya ini.

Niat baik, kata Tito, juga menjadi ibadah bagi kita.

Acara yang di selenggarakan di Polresta Samarinda dihadiri Gubernur Kalimantan Timur, Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M., M.Si.beserta istri, Ketua DPRD Kalimantan Timur, H. M. Syahrun H.S., Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M., Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto, Kajati Kalimantan Timur, Ely Shahputra S.H., M.H., Kepala Pengadilan Tinggi Kalimantan Timur, Dr. H. Soedarmadji, S.H., M.Hum., Kabinda Kalimantan Timur, Brigjen TNI Jimmy Hendrik Kindangen, S.H., S.Th., M.Th., Ka BNN Kalimantan Timur, Brigjen Pol Drs. Raja Haryono, S.H., M.Hum, Danlanal Balikpapan, Kolonel Laut (P) Dewa Gede Oka Susila, Danlanud Balikpapan, Kolonel (Pnb) Muhammad Mujib, S.E. dan Para Walikota / Bupati di Provinsi Kalimantan Timur, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan prajurit TNI / Polri di Wilayah Kalimantan Timur lebih kurang 2000 orang.

Dalam kunjunganya Kapolri didampingi oleh Kadivkum Polri, Irjen Pol Drs. Mas Guntur Laupe, S.H, Sahli Sosek Kapolri, Irjen Pol Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si., Karo Provost Divpropam Polri, Brigjen Pol Drs. Refdi Andri, M.Si. dan Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K. M.H.

Sedangkan rombongan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP., beserta Ibu Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanik Hadi Tjahjanto dan Pejabat pendamping Mabes TNI diantaranya Aspers Panglima TNI, Marsda TNI Dedy Permadi. S.E., M.M.D.S, Aster Panglima TNI, Mayjen TNI Kustanto Widiatmoko, M.D.A., Pa Sahli Tk. III Bid. Polkamnas, Laksda TNI Much, Richad, S.H., M.M., Kapuspen TNI, Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Kapusbintal TNI, Laksma TNI Budi Siswanto, S.T., M.A.P.;

Acara diawali dengan Buka Puasa Bersama dan Shalat Maghrib berjamaah yang dilanjutkan dengan Makan Malam Bersama. Selanjutnya acara berlangsung yaitu sambutan Kapolda Kalimantan Timur Irjen Pol Drs. Priyo Widyanto, M.M.,

Dalam sambutanya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Panglima TNI dan Kapolri yang mana ditengah-tengah kesibukan beliau menyempatkan silaturahmi di Provinsi Kalimantan Timur.

Pada Bulan Ramadhan tahun ini memiliki banyak keberkahan yang sedang dirasakan prajurit TNI dan anggota Polri. Ada 3 berkah. Berkah pertama provinsi Kaltim diantara 34 provinsi di Indonesia mendapat kehormatan untuk dikunjungi panglima TNI dan Kapolri. Berkah yang kedua berkat perjuangan Panglima TNI dan Kapolri tunjangan kinerja naik jadi 70%, dan berkah yang ketiga menyambut Idul Fitri dengan telah diterimanya gaji dan tunkin ke 14.

Dengan berkah tersebut selain rasa syukur yg ditingkatkan juga kinerja dan pelayanan kepada masyarakat harus ditingkatkan. Sinergitas dan soliditas kaltim terus ditingkatkan dan dikembangkan.

Pengamanan pilgub Kaltim, Ops Ketupat 2018 dalam rangka lebaran, TNI memiliki andil dalam pengamanan. “Untuk selanjutnya kami mohon petunjuk dan arahan dari panglima dan kapolri maupun doa restu agar kami mampu senantiasa menjaga stabilitas kamtibmas di Wilayah Kalimantan Timur,” kata Kapolda.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sambutan oleh Gubernur Kalimantan Timur, Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M., M.Si. Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan Terima kasih atas kunjungan dari Panglima TNI dan Kapolri.

Secara Khusus juga menyampaikan terima kasih kepada kapolri dan ibu yang sudah berkunjung sebanyak dua kali ke pulau maratua. Yang mana berimbas kepada meningkatkan minat wisatawan dalam dan luar negeri di objek wisata bawah laut di Pulau Maratua.

“Kondisi kamtibmas selama ini aman dan kondusif karena mampu memperkokoh persatuan dan kesatuan antar seluruh instansi baik TNI, Polri maupun Pemprov. Daya saing ekonomi nomor 3 di Indonesia yaitu di kaltim. Karena kondisi keamanan yang begitu kondusif. Tidak mungkin investor datang tanpa ada keamanan yang baik,” kata gubernur.

Selepas Sambutan Gubernur Kaltim acara berlanjut yaitu Shalat Isya Berjamaah dan Shalat Tarawih Berjamaah.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberikan bingkisan dan santunan kepada Anak Yatim Piatu, Santri dan Warakawuri yang diberikan langsung oleh Panglima TNI beserta Ibu, dan juga Oleh Kapolri.

Kegiatan selesai dilanjutkan dengan Foto bersama dengan para penerima santunan dan foto bersama dengan para alim ulama kyai di Wilayah Kalimantan Timur.