Terpilih Menjadi DK PBB, DPR Minta Indonesia Perjuangkan Kemerdekaan Palestina

Wakil Ketua DPR RI, Taufik Kurniawan.

Jakarta, Sayangi.com – Indonesia kembali terpilih menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020. Keputusan diambil dalam pemilihan yang dilakukan oleh Majelis Umum PBB, di Markas Besar PBB di New York, Jumat (8/6) waktu setempat.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan mengatakan, momentum sebagai anggota DK PBB harus dimanfaatkan Indonesia. Salag satunya untuk memaksimalkan peran Indonesia mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Indonesia harus dapat memaksimalkan perannya, salah satunya memperjuangkan kemerdekaan Palestina dan perdamaian dunia pada umumnya,” ujar Taufik di Jakarta, Sabtu (9/6).

Taufik menjelaskan, dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina terus mengalir. DPR juga telah menyatakan mendukung kemerdekaan Palestina melalui sidang antar parlemen.

“Indonesia dapat memaksimalkan perannya dalam berbagai isu konflik dunia, salah satunya penanganan krisis Rohingya, Myanmar. Isu terkait terorisme, intoleransi, maupun isu-isu lain yang berdampak pada perdamaian dan keamanan dunia,” paparnya.

Politisi PAN ini juga menjelaskan peran Indonesia terhadap perdamaian dunia akan semakin kuat pasca terpilih sebagai anggota DK PBB. Karena menciptakan perdamaian dunia merupakan amanat UUD 1945, yang harus terus diperjuangkan Indonesia.

“Semoga selama dua tahun mendatang, Indonesia semakin memberikan pengaruh pada perdamaian dunia,” katanya.

Lebih jauh Taufik juga menjelaskan, jika selama ini DPR terus mendukung upaya Indonesia untuk menjadi bagian dari DK PBB. Salah satunya dengan cara berkomunikasi dengan negara-negara sahabat, agar mendukung Indonesia menjadi DK PBB.

“Kita selalu meminta negara-negara Anggota PBB untuk mendukung Indonesia menjadi Anggota Tidak Tetap DK PBB,” pungkasnya.