Dalam KTT Shanghai Cooperation Organisation Rouhani Sebut Trump Egois

Teheran, Sayangi.com- Rouhani Presiden Iran Rouhani mengkritik AS karena ‘memaksakan kebijakannya pada seluruh dunia” khususnya saat memutuskan untuk menarik diri dari kesepakatan nuklir Iran. Presiden Iran mengatakan penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran merupakan ancaman potensial bagi dunia.

Berbicara di pertemuan internasional di kota Qingdao, China, Minggu (9/6) Rouhani mengatakan penarikan AS dari kesepakatan nuklir Iran merupakan ancaman potensial bagi dunia.

“Contoh terbaru dari unilateralisme dan penolakan terhadap keputusan komunitas internasional oleh pemerintah AS adalah penarikan dari JCPOA (Rencana Aksi Komprehensif Gabungan, nama resmi dari kesepakatan nuklir),” kata Rouhani dalam pertemuan tersebut.  Rouhani memuji Cina dan Rusia atas upaya mereka yang terus menerus untuk mempertahankan kesepakatan nuklir.

KTT tahunan ke-18 SCO (Shanghai Cooperation Organisation) telah digelar di kota  Qingdao China. SCO merupakan sebuah organisasi antarabangsa di kawasan Asia yang beranggotakan Republik Rakyat Tiongkok, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan dan Uzbekistan.

Acara KTT tahunan ke 18 yang berlangsung dua hari dibuka pada hari Sabtu pekan lalu telah dibuka oleh pemimpin Tiongkok Xi Jinping. Dalam KTT SCO ini negara Iran duduk sebagai pengamat.

Sejak presiden AS Donald Trump menarik Washington keluar dari pakta internasional 2015  dengan menyebut perjanjian itu sangat cacat. Sedangkan negara-negara Eropa telah berebut untuk memastikan Iran mendapat cukup manfaat ekonomi guna membujuk Teheran agar tetap dalam kesepakatan itu.

sumber:aljazeera.news